You are currently viewing Pengerjaan Terus Dikebut,Agustus, Venue PON XXI di Sumut Ditargetkan Sudah Rampung dan Digunakan

Pengerjaan Terus Dikebut,Agustus, Venue PON XXI di Sumut Ditargetkan Sudah Rampung dan Digunakan

DELISERDANG – Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumatera Utara (Sumut) Baharuddin Siagian menyampaikan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI ditargetkan sudah rampung dan bisa digunakan pada Agustus 2024. Untuk itu, pengerjaan seluruh venue terus dikebut.

“Agustus sudah bisa digunakan, nantinya juga ada tes event sebelum PON dimulai,” kata Kepala Dispora Sumut Baharuddin Siagian usai meninjau venue PON XXI bersama perwakilan kontingen se-Indonesia di Kawasan Sport Centre, Desa Sena, Deliserdang, Selasa (25/6).

Rombongan meninjau sport center di Desa Sena dan kawasan Sport Centre Dispora Sumut di Jalan Pancing, Deliserdang. Luas lahan sport centre di Desa Sena, Deliserdang sekitar 300 hektare. Terdapat stadion utama, stadion madya atletik, gelanggang martial art, sirkuit motorcross dan venue voli.

Untuk stadion utama, kata Baharuddin, tribunnya sudah selesai. Hanya tinggal atap, dan pengerjaannya terus dikebut.

“Pengerjaan ini 3 kali 8 jam atau 3 shift, dikebut pagi sore malam, pakai lima crane juga, jadi kita optimis selesai cepat,” kata Baharuddin.

Menariknya, stadion madya atletik Sumut Sport Centre tersebut memiliki 8 lintasan tanding dan 8 lintasan untuk pemanasan. Kata Bahar, stadion madya yang sudah selesai pada Desember 2023 tersebut, merupakan yang satu-satunya di Indonesia yang memiliki 8 lintasan tanding dan latih.

Sementara itu, Kawasan Sport Centre Dispora Sumut luasnya 25 hektare. Di kawasan ini terdapat wisma atlet, gedung serbaguna, stadion futsal, arena bowling, dan sirkuit multifungsi.

Diketahui, PON XXI Aceh-Sumut akan dibuka pada tanggal 8 September 2024 di Aceh, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut. Sesuai dengan arahan Presiden, PON masih akan sesuai dengan jadwal.

“Jadi sesuai dengan arahan Presiden, PON akan sesuai dengan jadwal, jadi semua mesti kita kebut, tapi karena sejauh ini tidak ada kendala, kita yakin akan tepat waktu semuanya,” ujar Baharuddin.

Secara terpisah, Ketua Harian PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan secara keseluruhan, progres pembangunan venue PON sejauh ini sudah 80%. Dikatakannya, proses pembangunan tidak ada kendala.

“Untuk pembangunan venue secara keseluruhan sudah 80%, sejauh ini juga tidak ada kendala, kita optimis ini selesai tepat waktu,” kata Afifi.** (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).