PON 2024

NEWS

Hari Ketiga, Dua Pewushu Sumut Optimis Rebut Medali Emas

Sabtu, 14 September 2024 | 20:48 WIB

Para pemenang saat upacara penghargaan pemenang (UPP) nomor Chun Butterfly Sword Putra dan Wing Chun Wooden Dummy Putra. Medali Emas berhak untuk Atlet Jatim Michael Arroll Nestor Jennings, Medali Perak kepada Atlet Jateng Rio Noviansyach Sutomo dan Medali Perunggu milik Atlet DKI Jakarta Carlson Sasmita, Jumat (13/9/2024) di Gedung Serba Guna Pancing Deliserdang Sumatera Utara. PB PON XXI SUMUT/RADEN ARMAND FIRDAUS

PON XXI - MEDAN - Hari ketiga pertandingan cabang olahraga (Cabor) wushu taolu, Sabtu (14/9), dua atlet unggulan perwakilan Sumut yakni Harris Horatius dan Nicholas optimis kembali menyumbangkan medali emas pada PON XXI/2024, di GOR Dispora Sumut. 

Harris Horatius akan bertanding pada wushu taolu nomor nangun putra bersama Andrew Julius Triputra melawan sepuluh atlet wushu lainnya perwakilan dari Jabar, Jateng, DKI, Jambi, Jatim, DIY dan Bali. 

Sementara Nicholas bertanding pada nomor taijijian putra bersama utusan Sumut Erick Citra Loeis melawan tujuh lawan lainnya perwakilan Bali, Jateng, Jatim, Aceh, Jabar, DI Yogyakarta. 

Pertandingan wushu taolu pada hari ketiga akan dimulai pukul 09.00 wib hingga pukul 18.00 wib dengan nomor nandao putra putri dual event, dilanjutkan babak final taujijian putra dan putri serta nomor nangun putra putri. 

Sebelumnya Harris Horatius sudah berhasil meraih medali emas pada pertandingan pertama wushu taolu, Kamis (13/9) pada nomor nanquan putra. Harris yang pernah meraih medali emas di ajang Asian Games Hangzhou 2022 ini, mengalahkan dua lawannya dari Jatim yang meraih medali perak dan perunggu. 

Sementara Nicholas juga telah menyumbang medali emas pada pertandimgan wushu taolu nomor taijiquan putra pada Kamis (12/9). Nicholas meraih perolehan nilai 9.640 dengan mengalahkan Jatim yang mendapatkan medali perak dan DIY medali perunggu. 

"Saya optimis dapat menyumbang medali emas pada pertandingan wushu taolu nomor taijijian ini. Untuk latihan dan persiapan mental sudah dipersiapkan dan mohon doa nya agar lancar dan menang," kata Nicholas peraih medali perak di SEA Games 2022 ini. 

Sama halnya dengan Harris Horatius yang sangat percaya diri melawan lawan-lawannya yang juga merupakan atlet wushu terbaik. "Saya percaya diri dan tidak pernah minder, karena dari hasil Asean Games kemarin memuaskan, dan pada PON ini juga akan memberikan hasil yang diharapkan yakni medali emas," ucapnya. 

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September dengan merebutkan sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu dari 29 nomor yang dipertandingkan. (PB PON XXI SUMUT/Yuni Naibaho)