PON 2024

NEWS

Perdana! Cabor Teqball Dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut

Sabtu, 14 September 2024 | 17:51 WIB

Foto By (PB PON XXI SUMUT/Paulina)

PON XXI - MEDAN - Sekretaris Jenderal (Sekjend) KONI Pusat, Ade Lukman, mengatakan Sumatera Utara (Sumut) boleh berbangga di PON XXI untuk pertama kalinya, cabang olahraga (cabor) Teqball dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Menjadikan ajang ini sebagai momen bersejarah bagi perkembangan olahraga tersebut di Indonesia. Olahraga Teqball sudah mulai diperkenalkan di kalangan pelajar dan mahasiswa, mulai dikenal sejak 2018 di Indonesia," katanya, di Gedung Olahraga (GOR) Futsal Disporasu, Jalan William Iskandar, Sabtu (14/9).

Teqball merupakan olahraga perpaduan antara sepak bola dan tenis meja, mulai diperkenalkan pada ajang Asian Games 22018. Dalam beberapa tahun terakhir, kejuaraan nasional Teqball telah digelar, dan popularitasnya terus meningkat, terutama di lingkungan pendidikan.

"Kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional sudah mulai diadakan. Di Indonesia diperkirakan akan terus mengikuti perkembangan Teqball di dunia, termasuk meningkatkan sosialisasi dan partisipasi di tingkat yang lebih luas," terangnya.

Teqball, lanjutnya, adalah cabang olahraga relatif baru dan untuk pertama kalinya mulai ikut pertandingan pada PON kali ini. Teqball dimainkan di atas meja berbentuk melengkung dengan bola seukuran sepak bola, olahraga ini dapat dilakukan menggunakan seluruh bagian tubuh kecuali tangan.



Dengan berbagai upaya, Teqball selalu disosialisasikan ke seluruh masyarakat. Harapannya, bukan hanya ikut serta dalam pertandingan PON tapi juga pada kejuaraan internasional lainnya. 

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Sumut, Anggun Lestari, mengatakan, banyak tingkat kesulitan yang dialami atlet saat bertanding. Ini pertama kalinya ia melihat Cabor olahraga tersebut.

"Tingkat kesulitannya, karena olahraga ini fokus menggunakan kaki, badan dan kepala di atas meja, sementara tangan tidak diperbolehkan," ujar Tarwiyah.

Namun bagi Ocha Safiqah, keberadaan PON di Sumut telah memperluas wawasan, mengenal berbagai cabang olahraga baru, termasuk Teqball.

Mahasiswi semester tiga UIN ini berharap, agar olahraga Teqball yang baru saja dipertandingkan pada PON Sumut ini, bisa lebih disosialisasikan ke seluruh pelajar dan mahasiswa yang ada di Sumut. (PB PON XXI SUMUT/Paulina)