PON 2024

NEWS

Hasil Esport - Sumut Dipaksa Kalah, Kalteng Lolos Semifinal Upper Nomor e-Football

Sabtu, 14 September 2024 | 17:19 WIB

Tim Esports Sumatra Utara saat mengikuti fase grup Free Fire, cabang olahraga (Cabor) Esports, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumatra Utara, Kota Medan, Sabtu (14/9/2024). (PB PON Sumut/Prayugo Utomo)

PON XXI - MEDAN - Tim Kalimantan Tengah (Kalteng) lolos ke semifinal upper usai mengalahkan tuan rumah Sumatera Utara di pertandingan kedua cabang olahraga Esports di nomor e-Football pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, yang digelar di Medan Internasional Convention Center (MICC), Jalan Ringroad Medan, Sabtu (14/9/2024).

Kalteng yang menurunkan atletnya Yaman Alhabsi dan pasangannya Ahmad Rizky menaklukan atlet Sumut Imam Meugaseh Thahir dan Septa Aditya dengan skor 2-0. Kemenangan pertandingan dua hari berturut-turut tersebut memastikan Kalteng lolos ke babak semifinal upper. 

Pada pertandingan upper bracket round pertama, Kalteng sebelumnya juga menang 2-0 atas Bengkulu yang digelar Jumat (13/9/2024). di round kedua, Kalteng tampil percaya diri dengan melakukan berbagai serangan ke kubu klub sepak bola Sumut. 

Saling serang antara kedua tim juga terjadi. Namun Sumatera Utara tidak dapat membobol gawang Kalteng karena kuatnya pertahanan dari Kalteng baik di babak pertama maupun kedua. Hingga Waktu habis, skor tidak berubah dan Kalteng tetap unggul 2-0 atas Sumatera Utara.

Usai pertandingan, atlet esports nomor e-Football Yaman Alhabsi, mengatakan sangat tertantang melawan tuan rumah. Sebab, selain melawan tuan rumah yang pada pertandingan sebelumnya juga berhasil mengalahkan atlet juara dunia esport asal Lampung.

"Tantangannya hari ini karena melawan tuan rumah saja. Tapi sisanya kami berdoa," kata Yaman.  

Atlet 24 tahun ini pun mengaku untuk berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini, tim atlet Kalteng melakukan rangkaian tryout atas dukungan pemerintah Kalteng ke Jawa Tengah, Bali dan Kalimantan Selatan. "Semoga kami di cabor esprots nomor e-football kalteng bisa bawa emas," ungkapnya.

Yaman pun berharap adanya cabor esports dipertandingkan diajang nasional, cabor esports bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat khususnya di Kalteng. "Semoga lebih baik dan dikenal luas. Dan semoga saya bisa mewakili ke Olympic Esports nanti," harapnya. 

(PB PON XXI SUMUT/Irin Juwita)