PON 2024

NEWS

Felix Iberle Tercepat Penyisihan 50 Meter Gaya Dada

Sabtu, 14 September 2024 | 16:20 WIB

Perenang Sumut, Felix Viktor Iberle berlaga dinomor 50 Meter Gaya Dada Putra babak kualifikasi di Kolam Renang Selayan Disporasu, Medan, Sumut, Sabtu (14/9). PB PON XXI SUMUT/FERDY SIREGAR

PON XXI - Medan: Perenang andalan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Felix Viktor Iberle tampil gemilang di hari pertama pertandingan renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Berlangsung di lintasan Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (14/9/2024) Iberle mencatatkan waktu tercepat di nomor 50 meter gaya dada putra. 

Pada fase penyisihan di nomor tersebut, perenang pelatnas ini sukses mencatatkan waktu 28,26 detik. Sebelum menyentuh dinding finish, peraih medali emas SEA Games 2023 ini bersaing sengit dengan perenang DKI Jakarta Gagarin Nathaniel Yus.

Gagarin sendiri akhirnya menempati posisi kedua dengan waktu 28,69 detik dan disusul perenang DI Yogyakarta Arya Adrean Putra Hartono dengan catatan waktu 29,30 detik. Dari hasil tersebut, Felix Iberle memastikan diri maju ke fase semifinal nomor 50 meter.

Seri pertama fase penyisihan 50 meter gaya dada putra diikuti tujuh provinsi. Masing-masing tuan rumah Sumut,  Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, DKi Jakarta. Lalu, DI Yogyakarta, Sulawesi Tenggara dan Aceh.

Sebagaimana diketahui,  Felix Viktor Iberle menjadi perenang terbaru yang masuk dalam daftar rekor penampilan tercepat di nomor 50 meter gaya dada putra yang disahkan Persatuan Akuatik Indonesia (dulunya PRSI). Keberhasilannya itu tak lepas dari prestasi yang diukirnya di Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023 di Netanya, Israel pada 5 Desember 2023.

Sebelumnya,  Ketua Pengurus Provinsi Akuatik Indonesia (AI) Sumatera Utara (Sumut) Kabir Bedi optimistis Felix Victor Iberle bisa mempersembahkan medali emas bagi Sumut. Apalagi, dirinya memang diproyeksikan mendulang medali emas pada PON XXI.

“Felix dengan segudang prestasi dan pengalaman diharapkan mampu menyumbang tiga medali emas untuk kontingen PON Sumut 2024,” katanya.(PB PON XXI SUMUT/Irma)