PON 2024

NEWS

Sumsel Andalkan Indra Peraih Emas Dua Kali PON di Slalom Ski Air

Sabtu, 14 September 2024 | 15:40 WIB

Keterangan Foto: (Maurits Pardosi) Bagian dari Pelatih Ski Air Kontingen Sumsel Bambang Us sedang berada di Venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada Sabtu (14/9/2024).

PON XXI - BALIGE - Kontingen dari Sumatera Selatan menerjunkan 4 orang peski; 2 putra dan 2 putri. Masing-masing peski akan turun di 6 nomor pertandingan yang ada di Cabor Ski Air. Peski Indra Hadinata adalah salah satunya.

Indra Hadinata merupakan peski berpengalaman dan pernah menyabet emas pada PON XVIII 2012 dan PON XIX 2016 untuk Cabor Ski Air Slalom. Pada PON XXI Sumut - Aceh, kontingen Sumsel juga berharap Indra Hadinata dapat menyabet medali emas.

Tim Pelatih Ski Air Sumsel Bambang Us menyebutkan, pihaknya menerjunkan 4 atlet pada cabor Ski Air kali ini. Dua putra dan dua putri ini mengikuti seluruh nomor pada cabor tersebut. Walaupun demikian, fokus mereka adalah nomor Slalom.

"Kita turunkan atlet dua orang putra dan dua orang putri. Yang prioritas kita adalah Indra Hadinata untuk nomor Slalom. Kalau ini bisa hatrick, ia sudah jadi masternya," Bambang Us, Sabtu (14/9/2024).

"Semua nomor ia ikuti, tapi yang kami fokuskan adalah Slalom," sambungnya.

Menurut pria yang sudah belasan tahun berkiprah di cabor Ski Air, disiplin menjadi kunci utama keberhasilan seorang atlet. Menurutnya, disiplin yang dijalankan oleh Indra Hadinata menjadi modal utama untuk menyabet medali emas pada PON sebelumnya. 

Soal disiplin, ia sendiri mengidolakan Shin Tae Young. Agar persiapan matang, Indra Hadinata juga dikabarkan latihan di beberapa lokasi, misalnya Jawa Barat, Jawa Timur dan Kaltara.

Selain Indra Hadinata, ketiga atlet lainnya latihan di Jawa Timur selama dua bulan.

"Bagi saya, disiplin itu tak bisa tawar-menawar. Saya kagum dengan pola kepelatihan Shin Tae Young karena ia mendidik atlet kita dengan disiplin dan itu saya terapkan dengan tetap menjalin kekeluargaan kepada setiap atlet," sambungnya.

Indra Hadinata menambahkan untuk Ski Air, pH air dan kecepatan angin menentukan. Di Jakabaring Sport Center Sumatera Selatan, metode latihan mereka dilengkapi juga dengan peralatan berstandar internasional.

"Kejuaraan dunia Ski Air pernah di Sumsel. Danau buatan di Jakabaring, kalau di Asia dan dunia, itu sudah terkenal karena dilengkapi dengan peralatan olahraga yang telah berstandar internasional," terangnya.(PB PON XXI/Maurit Pardosi)

Keterangan Foto: (Maurits Pardosi) Bagian dari Pelatih Ski Air Kontingen Sumsel Bambang Us sedang berada di Venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada Sabtu (14/9/2024).