PON 2024

NEWS

Bungkus Yogyakarta, DKI Jakarta Lolos Ke Final Polo Air Putri PON 2024 Lawan Jabar

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 17:35 WIB

Penjaga gawang tim polo air DI Yogyakarta Shahia Qisya berusaha menghalau lemparan bola tim lawan dari Jawa Barat saat pertandinngan tim polo air putri Jawa Barat melawan DI Yogyakarta di Kolam Renang Selayang Dispora Sumut, Medan, Jumat (30/9). Polo air Jawa Barat menang 22-5 atas tim DI Yogyakarta. PB PON XXI/Ferdy Siregar

PON XXI - Medan - Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta lolos ke grand final Polo Air Putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 22-2 di Kolam Renang Selayang, Medan, Sabtu (31/8/2024). Kemenangan ini mengantarkan DKI Jakarta bertemu dengan Jawa Barat di final nanti.

Dalam pertandingan melawan DIY, DKI Jakarta mendominasi pertandingan. Mereka kerap mematahkan permainan yang disuguhkan Yogyakarta.

Sampai menyelesaikan babak ketiga, DKI Jakarta dengan penuh percaya diri unggul 15-2. "Kami bersyukur bisa melewati laga perdana dengan mulus,” ujar Pelatih DKI Jakarta Zulfikar Lubis usai pertandingan. 

Menurut Zulfikar, kemenangan dari DIY ini merupakan peluang bagi DKI untuk mencetak kuartet (empat kali) meraih medali emas untuk polo air putri. DKI Jakarta telah tiga kali meraih medali emas yaitu pada tahun n 2012, 2016, dan 2021 di PON Papua.

“Saya merasa akan mendapatkan keberuntungan di Medan (PON XXI). Kami akan mendapatkan medali emas di sini," kata Zulfikar.

Sama seperti PON sebelumnya, DKI menganggap Jawa Barat sebagai rival utama. Pertarungan melawan Jabar pun diprediksi akan sengit. 

"Sama seperti kami, persiapan Jabar juga pasti sangat matang. Begitu juga tim lainnya, tapi, kami ingin meraih medali emas. Jadi kami akan bekerja keras merealisasikannya," ujar Zulfikar Lubis 

Sementara itu, langkah DIY terpaksa kandas lantaran kemarin (30/8/2024) juga telah kalah dari Jawa Barat dengan skor 5-22. Pelatih Polo Air Yogyakarta Octi Linda Setyowati, mengakui anak-anak asuhnya kalah kualitas dibandingkan DKI Jakarta yang memang banyak diperkuat pemain berpengalaman.

"Secara kualitas Jabar memang masih di atas kami. Mereka diperkuat pemain-pemain berpengalaman. Sedang pemain kami mayoritas 17 tahun ke bawah," kata Octi.

Pada PON XXI Tahun 2024 cabang polo air putri diikuti tiga daerah, yakni juara PON Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta. Cabor polo putri ini menggunakan sistem round robin. Laga terakhir cabor polo air putri berlangsung Minggu (1/9) mempertemukan DKI Jakarta lawan Jabar. (PBPONXXI2024/wal).