PON 2024

NEWS

Babak 5 dan 6: DKI Geser Jabar, Kembali Posisi Puncak Kategori Catur Cepat

Sabtu, 14 September 2024 | 14:57 WIB

(DKI) Novendra Priasmoro_Babak 5 dan 6 Catur Cepat PON di Mikie Berastagi_Chalid Nasution

PON XXI - KARO - Babak lanjutan pertandingan catur kategori catur cepat PON XXI Aceh - Sumut 2024 berlangsung ketat pada hari kedua di Hotel Mikie Holiday Berastagi, Jumat (13/9/2024). Hari ini, para pecatur mengikuti dua babak lanjutan yakni babak 5 dan 6.

Pada klasemen sementara nomor perorangan putra, pecatur Daerah Khusus (DK) Jakarta GM Novendra Priasmoro berhasil merebut posisi pertama dan bertengger di posisi puncak dengan nilai 5. Ia menggeser pecatur Jawa Barat Arif Abdul Hafiz yang sebelumnya berada di urutan pertama.

Arif Abdul Hafiz sendiri saat ini berada di posisi kedua dengan nilai 4,5. Sementara, pecatur Kalimantan Barat Muhammad Kamalsyah hari ini masih tetap bertahan di posisi ketiga dengan perolehan nilai 4,5.

Untuk nomor perorangan putri, posisi pertama masih dipertahankan pecatur asal DI Yogyakarta Shafira Devi Herfesa dengan nilai 4,5. Demikian juga di urutan kedua, pecatur Kalimantan Timur Chelsie Monica Sihite saat ini mengumpulkan nilai 4. Posisi ketiga saat ini direbut pecatur DK Jakarta Ummi Fisabillilah dengan nilai 3,5 usai menggeser pecatur Papua Ivana Lasama.

Sementara di nomor beregu putra, tim Jawa Timur masih bertahan di posisi teratas dengan perolehan nilai 6. Hasil baik diperoleh tim tuan Sumut hari ini. Perlahan tapi pasti, mereka merangkak naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan perolehan nilai 4.

Tim Sumut berhasil menggeser posisi tim beregu Jawa Barat yang pada hari terdegradasi ke urutan keempat dengan raihan nilai 4. Tim asal DK Jakarta juga berhasil naik satu tingkat ke posisi ketiga dengan nilai 4.

Untuk nomor beregu putri, hasil baik diterima tim Lampung. Mereka berhasil merangkak ke posisi teratas dengan nilai 4 usai menggeser tim DK Jakarta yang saat ini mengumpulkan nilai 5. Meski meraih nilai lebih tinggi dari Lampung, namun DKI Jakarta kalah pada perolehan poin di TB3.

Lampung sendiri meraih 17,5 poin, sedangkan DKI Jakarta meraih 17 poin. Namun kedua tim sama-sama mengumpulkan 10 MP (nilai tertinggi). Untuk posisi ketiga, ditempati oleh tim Jawa Barat dengan nilai 4. Posisi mereka turun satu tingkat yang pada hari sebelumnya berada di urutan kedua.

Ketua Tim Pelaksana Cabor Catur PON XXI 2024, Juliski Simorangkir, mengatakan, pada hari ini pihaknya telah merampungkan pertandingan catur cepat masing-masing dua babak untuk nomor perorangan putra dan putri serta beregu putra dan putri.

"Hasil hari ini bervariasi. Besok akan kita laksanakan babak terakhir untuk nomor catur cepat ini. Nah, besok akan dilanjutkan tiga babak tersisa sekaligus melakukan penyerahan penghargaan bagi para pemenang. Seluruh pertandingan hari ini berjalan dengan baik dan lancar," jelas Ketua Harian Percasi Sumut ini. (PB PON XXI SUMUT/Pardi Simalango)