PON 2024

NEWS

Profil Carla Bio Pencetak Gol Penentu DKI ke Final Sepak Bola Putri, Akui Terinspirasi dari Sang Kakek Legenda Indonesia Ronny Pattinasaranya

Sabtu, 14 September 2024 | 14:53 WIB

Foto By (PB PON XXI SUMUT/TARWIYAH)

PON XXI - DELISERDANG-Carla Bio Pattiranasarany menjadi pahlawan bagi DKI Jakarta berhasil ke final cabang olahraga (Cabor) sepak bola putri PON XXI Aceh-Sumut 2024, usai mengandaskan Bangka Belitung (Babel) dengan skor 2-1 di Stadion Mini Pancing, Deliserdang, Kamis (12/9/2024).

Ya, pada laga semi final  itu, gol Carla Bio menjadi penentu langkah DKI melaju ke final sepak bola putri. Tendangan kaki kirinya yang gagal ditepis kiper Babel,  Djulia Emilda pada menit akhir laga terakhir membawa keberuntungan hingga membuat timnya lolos ke partai puncak.

Lalu siapakah sosok Carla Bio? Penampilan gadis bertubuh atletis ini cukup menarik perhatian dengan  rambut cepak pirang.

Dalam wawancara via WhatsApp, Jumat (13/9/2024) Carla Bio menyapa ramah dan meminta maaf karena baru bisa memegang ponsel dan bersedia wawancara via chat.

Carla Bio sejatinya bukanlah orang biasa dalam dunia sepakbola putri di tanah air. Lahir di Jakarta 9 Agustus 2002, dia menjadi langganannya timnas nasional sepak bola putri Indonesia sejak tahun 2018.

Pemain dengan posisi striker ini adalah cucu dari Ronny Pattinasarany, legenda sepak bola Indonesia pada era 70-an.

"Saya ini keturunan berdarah sepakbola, dari opa sama abang-abang aku juga. Mereka sangat menginspirasi aku," jelasnya.

Debut pertama Carla Bio saat bermain untuk timnas putri pada tahun 2018. Setelah itu, dia kerap dipanggil ke Skuat Garuda Pertiwi untuk dipersiapkan bermain di sejumlah laga. Hanya saja Carla Bio belum pernah menyentuh kakinya di SEA Games.

Sebelum namanya bersinar, Carla Bio bermain di tim asal Buaran, Pameo FC. Setelah itu kerap dipanggil ke klub lain dari berbagai daerah, salah satunya Jepara, hingga berada Pelatda PON DKI Jakarta dan kini bersinar di PON XXI.

Carla Bio berharap bisa tampil konsisten di partai final bersama DKI. Dia ogah banyak janji, melainkan hanya ingin bermain maksimal bersama timnya melawan Jawa Barat agar bisa membawa medali emas.

"Ini belum akhir, masih ada tantangan di depan menghadapi Jawa Barat. Mereka juga tidak bisa dibilang sepele," imbuhnya. (PB PON XXI SUMUT/TARWIYAH)