PON 2024

NEWS

Peski Air Sumut Frans Wau Target Sabet Emas di Wakesurf

Sabtu, 14 September 2024 | 14:27 WIB

Foto: (Maurits Pardosi) Atlet asal Nias Frans Silron Maputra Wau yang mewakili kontingen Sumut pada PON XXI Sumut - Aceh saat berada di Venue Lapangan Sisingamangaraja Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (14/9/2024).

PON XXI - BALIGE - Peski Air asal Sumatera Utara Frans Silron Maputra Wau yang akan bertanding di nomor Wakesurf cabor Ski Air, PON XXI 2024 Aceh-Sumut, berharap tampil maksimal. 

Selama sebulan, dirinya bersama atlet lainnya mempersiapkan diri di Malasya untuk cabor Ski Air. Kawasan tersebut kata dia, berstandar internasional dan dilengkapi dengan peralatan yang mumpuni. 

"Kira-kira satu bulan yang lalu, kami sudah persiapan di Malasya. Persiapan mental juga. Kami latihannya di Marina Putra Jaya, danaunya adalah danau buatan dan sudah berskala internasional," ujar Frans Wau, Sabtu (14/9/2024).

Kata dia, di Malaysia itu, ada pertandingan yang diadakan IWWF (International Waterski & Wakeboard Federation). “Puji Tuhan, untuk kategori putra, kita mendapatkan posisi pertama. Sama halnya juga dengan wakesurf  putri, kita dapatkan posisi pertama atas nama Suknianis Laia."

"Jadi kita mewakili Sumut di sana. Untuk nomor Wakeboard, kita juga dapatkan juara 1 di sana atas nama Kevin Gladian," sambungnya.

Selanjutnya, ia menuturkan jumlah atlet Ski Air kontingen Sumut ada sebanyak 8 orang. "Untuk Ski Air, Sumut terjunkan atlet sebanyak 8 orang; putra 7 orang dan putri 1 orang," tuturnya.

Sementara, Kevin Gladian berharap, keberlanjutan Ski Air menjadi perhatian pemerintah pascapertandingan PON XXI Sumut - Aceh. "Harapan dengan banyaknya latihan di luar, saya berharap pemerintah memberikan dukungan untuk pengembangan atlet cabor ini, misalnya memaksimalkan peralatan pendukungnya." 

"Semoga di PON ini, kita dapat membanggakan Sumut. Sebagai tuan rumah, kita bangga dan bersyukur dengan kesempatan ini," pungkasnya.(PB PON XXI/Maurits Pardosi)