PON 2024

NEWS

Meski Sempat Asam Lambung, Abiyu Raffi Berhasil Sabet Emas untuk Riau di PON XXI 2024

Jumat, 30 Agustus 2024 | 22:05 WIB

-

PON XXI - Medan - Kontingen Riau, Abiyu Raffi, kembali mencetak prestasi gemilang di Cabang Olahraga Senam pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut. Atlet senam Riau tersebut berhasil menyabet medali emas di nomor senam artistik perorangan putra meski sempat mengalami masalah asam lambung.

Kendala tersebut tak menghalangi Abiyu untuk mendapatkan emas. Dia mengaku sempat meneteskan air mata usai tampil di alat palang tunggal, sebagai ungkapan rasa syukur karena bisa tampil maksimal meski sempat mengalami masalah asam lambung. 

"Sebelum pertandingan, asam lambung saya sempat kambuh. Rasanya sangat lemah, bahkan dari alat pertama saya merasa hampir tidak mampu melanjutkan. Namun, saya berusaha tetap profesional," ungkap pesenam berusia 22 tahun itu pada Jumat (30/08/2024).

Abiyu berhasil mengumpulkan skor tertinggi dengan 74,732 poin, mengungguli rekan senegaranya, M Afrizal, yang meraih 73,965 poin. Sementara itu, Fajar Abdul Rohim dari Kalsel harus puas dengan perunggu, mencatatkan skor 72,665 poin.

Keberhasilan kontingen Riau dalam menambah koleksi medali emas di cabor senam pada PON XXI Aceh-Sumut diapresiasi oleh Penjabat (PJ) Gubernur Riau, Rahman Hadi. Ia berharap para atlet PON Riau terus bersemangat dan memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Riau.

"Saya bangga dengan perjuangan kontingen Riau di PON XXI. Alhamdulillah, perolehan medali di cabor senam kini mencapai 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu," ujar Rahman Hadi.