PON 2024

NEWS

Jadi yang Tercepat di Lari Gawang 100 Meter PON XXI, Ternyata Atlet Kalsel Ini Punya Tujuan Mulia

Jumat, 13 September 2024 | 17:02 WIB

Atlet Lari Lompat Gawang 100m Putri Dina Aulia asal Kalimantan Selatan berhasil finis diurutan pertama pada saat berlaga pada PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Madya Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024). Dina Aulia berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 13.16. PB PON XXI SUMUT/Hendra Syamhari

PON XXI - Deliserdang - Wajahnya sumringah usai tampil tercepat dari nomor 100 meter gawang putri. Dengan membentangkan bendera kontingen Kalimantan Selatan, ia langsung berlari di ke tribun meluapkan rasa gembiranya setelah berhasil mempersembahkan medali emas untuk provinsinya. 

 

Ya..dialah Dina Aulia, atlet asal Kalimantan Selatan. Tentunya keberhasilan mempersembahkan medali emas ini juga akan berbuah manis dengan bonus dari pemerintah daerahnya. 

Nah dengan bonus tersebut, ia berencana berangkat umroh bersama kedua orang tuanya. Ini ternyata sudah lama dicita-citakannya.

"Alhamdulillah sesuai target pribadi saya. Saya mau ngajak orang tua saya umroh," katanya sambil tersenyum usai pertandingan di Stadion Madya Atletik Sumut, Kamis (12/9). 

 

Pada hari pertama berlangsungnya cabor atletik nomor 100 meter gawang putri, dengan percaya diri ia yang berada di lintasan 5 bersiap-siap memacu larinya bersama lawan-lawannya.

Bak peluru, , dia langsung melejit belari dan melompati gawang demi gawang sebelum akhirnya tampil tercepat dengan catatan waktu 13.16 detik. Di posisi ke dsua ditempati Emilia Nova dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 13.43 detik dan tempat ketiga Yunita Mariska dari Jawa Timur dengan waktu 13.63.

Tidak tanggung-tanggung dengan catatan waktu tersebut, dara manis itu berhasil memecahkan rekor nasional dan rekor PON untuk nomor 100 meter gawang putri. 

Catatan waktu tersebut melampaui rekor PON atas nama Emilia Nova atlet DKI Jakarta pada PON tahun 2016 di Jawa Barat.

Catatan waktu 13.16 detik milik Dina Aulia itu juga melampaui rekor nasional atas nama Dedeh Erawati, atlet asal DKI Jakarta dengan waktu 13.18 yang diciptakan tahun 2012.

Berhasil meraih emas dan memecahkan dua rekor sekaligus, tentunya menjadi prestasi yang sangat luar biasa bagi gadis usia 21 tahun ini.  Walau begitu Dina mengaku sama sekali tidak memikirkan memecahkan rekor tersebut, yang penting baginya bagaimana bisa meraih medali emas.

"Saya hanya berupaya agar mendapat medali emas, tetapi alhamdulillah bisa memecahkan rekor. Usai PON ini, latihan akan terus saya tingkatkan, agar bisa ke Asian Games," katanya. (PB PON XXI SUMUT/JT).