PON 2024

NEWS

Pelatih Jabar Apresiasi Tim Medis di Venue Ski Air

Jumat, 13 September 2024 | 16:49 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT/Ramsiana Gultom)

PON XXI - BALIGE - Pelatih ski air tim Jawa Barat, Rachmat Santosa Basarah mengapresiasi kecepatan dan kesigapan tim medis yang bertugas di venue ski air Danau Toba. 

Hal ini disampaikan Rachmat pasca salah satu atlet binaannya atas nama Valdio Khalfani Adyat mengalami cedera di bagian tangannya pada saat bertanding di babak perempat final nomor Wakeboard, Jumat (13/9/2024).

"Ketika saya dapat keluhan dari atlet, kami laporkan dan tim media langsung menangani. Kami salut dengan penanganan medis di sini. Saat ini Valdio mau dirujuk ke rumah sakit terdekat," ujar Rachmat.

Sebagai pelatih, Rachmat berharap Valdio tidak mengalami cedera parah, hal ini karena dia merupakan salah satu atlet andalan Jabar yang diharapkan melaju ke babak semifinal. 

"Mudahan-mudahan tidak fatal. Kita khawatirkan ada dislokasi makanya akan diperiksa lebih intensif di rumah sakit terdekat," imbuhnya.

Amatan Media PB PON XXI , Valdio mendapatkan perawatan medis dari tim medis yang siaga di mini ICU venue ski air Balige sesaat sebelum dirujuk ke RSU terdekat. 

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Toba, dr Freddi Seventry Sibarani mengatakan pihaknya  menyediakan layanan kesehatan mini ICU di venue lengkap dengan fasilitas satu unit bed monitor, ventilator dan beberapa peralatan untuk pemeriksaan kesehatan serta tenaga medis khsusus fisioterapi. Mini ICU dipimpin oleh dokter spesialis anestesi dan beberapa dokter umum serta paramedis.(PB PON XXI SUMUT/Ramsiana Gultom)