PON 2024

NEWS

PON XXI 2024 Akan Dorong Kunjungan Wisata dan Lonjakan Hunian Hotel di Sumut

Jumat, 30 Agustus 2024 | 22:05 WIB

Dokumentasi fasilitas di salah satu hotel

PON XXI - Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang diselenggarakan di Aceh-Sumatra Utara diperkirakan akan memacu lonjakan kunjungan wisata dan meningkatkan tingkat hunian hotel.

"Ini adalah peluang besar untuk mempromosikan pariwisata daerah. Kami perlu menyediakan akomodasi dan transportasi bagi tamu yang ingin mengeksplorasi Sumut," ujar Gunawan Benjamin, Ekonom dari Universitas Islam Sumatera Utara, di Medan, Kamis (29/8/2024).

Gunawan memperkirakan lebih dari 10.000 pengunjung luar daerah akan datang ke Sumut selama PON 2024, berdasarkan keterlibatan sekitar 6.281 orang, termasuk 3.140 ofisial dan tambahan wisatawan serta tamu.

Dia menambahkan, selama kunjungan mereka, banyak yang akan mencari objek wisata di wilayah Medan. Akibatnya, promosi pariwisata akan meningkatkan hunian hotel dan mendorong pengeluaran yang lebih tinggi, berdampak positif pada sektor usaha.

"Ditambah dengan adanya side event. Pasti sangat signifikan untuk menggeliatkan ekonomi di Sumut," ucap Gunawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Medan juga menyatakan bahwa pelaksanaan PON XXI 2024 ini akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Medan.

"Dengan menjadi tuan rumah yang baik saat PON 2024, pariwisata Medan akan tumbuh. Imbasnya, akan terjadi multiplier effect yang positif, seperti peningkatan okupansi hotel dan perkembangan bisnis ekonomi kreatif," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Medan, Vianti Dewi Nasution.

Sumber: https://www.rri.co.id/