PON 2024

NEWS

PON XXI 2024 Jadi Peluang Emas Dongkrak Pariwisata Sumut

Jumat, 30 Agustus 2024 | 21:55 WIB

Rumah adat Batak yang terdapat di Pulau Samosir menjadi salah satu tempat wisata di Sumut. (Shutterstock/akedesign)

PON XXI - Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 akan memberikan dorongan signifikan bagi perekonomian masyarakat, khususnya di sektor pariwisata wilayah Sumatra Utara (Sumut). Hal tersebut diterangkan oleh Gunawan Benjamin, Ekonom dari Universitas Islam Sumatera Utara.

"Menurut saya, setidaknya akan ada lebih dari 10 ribu orang dari luar daerah yang akan datang ke Sumut selama PON ini," kata Gunawan.

Optimisme Gunawan ini didasari oleh pelibatan sekitar 6.281 orang dan 3.140 ofisial yang mendukung ajang nasional ini, ditambah dengan kehadiran wisatawan, tamu, dan pengunjung lainnya. Selama mereka berada di Sumut, banyak dari mereka diperkirakan akan mencari objek-objek wisata di wilayah yang beribu kota di Medan ini.

"Kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata di masing-masing daerah. Jika perlu, sediakan akomodasi langsung seperti transportasi bagi para tamu yang ingin menjelajahi keindahan wisata di Sumut," jelasnya.

Promosi wisata ini, menurut Gunawan, akan berdampak pada peningkatan tingkat hunian hotel dan mendorong tamu untuk membelanjakan uang lebih banyak sehingga dapat berdampak pada pertumbuhan di semua sektor usaha. "Dengan adanya acara pendukung, dampaknya akan semakin besar dalam menggerakkan perekonomian di Sumut," tambah Gunawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Medan juga menyatakan bahwa pelaksanaan PON akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Medan.

"Dengan menjadi tuan rumah yang baik saat PON 2024, pariwisata Medan akan tumbuh. Dampaknya, akan terjadi multiplier effect yang positif, seperti peningkatan okupansi hotel dan perkembangan bisnis ekonomi kreatif," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Medan, Vianti Dewi Nasution.