PON 2024

NEWS

Sengit, Tim Voli Putra Jateng Benam Jatim 3-2

Jumat, 13 September 2024 | 15:40 WIB

Pebola voli Jatim (hijau) melepas smes saat bertanding melawan Pebola voli Jateng (putih) pada pertandingan fase grup bola voli putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024). PON XXI SUMUT/RISKY CAHYADI

PON XXI - Sengit, Tim Voli Putra Jateng Benam Jatim 3-2

DELISERDANG - Setelah melalui pertarungan yang melelahkan, tim voli putra Jawa Tengah (Jateng) akhirnya mengalahkan Jatim dengan skor 3-2 dengan lima set di gedung voli indoor Sport Center Sumut di Deli Serdang, Kamis (12/9/2024).

Set pertama, Jateng menang dengan skor 25-19. Di set kedua Jatim berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 25-22. Namun, di set ketiga Jateng menang dengan skor 25-14.

Tidak ingin kalah, tim Jatim dengan pertahanan dan kerjasama tim menyamakan kedudukan 2-2 dengan skor 25-18.

Bermain di hadapan ratusan suporter kedua kubu, memberikan semangat untuk meraih kemenangan. Namun, di set terakhir atau set kelima (penentu), Jatim harus mengakui kehebatan Jateng yang unggul dengan skor 15-11.

Dengan hasil ini, tim voli putra Jateng sudah melakoni dua permainan dan meraih kemenangan. Sehari sebelumnya, tim Jateng yang diperkuat pemain Proliga mengalahkan Sumut dengan skor 3-0.

Menyikapi kemenangan yang diraih tersebut, pelatih voli putra Jateng M Hazid menilai, mereka menang  melawan Sumut karena lebih unggul dari materi pemain.

"Namun, dengan Jatim, mereka punya materi pemain yang selevel, seimbang dengan kita. Karena mereka banyak yang terjun di Livoli dan Proliga, begitu juga dengan kita," ujar Hazid.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga sudah sering jumpa dengan Jatim di event tidak resmi seperti di pertandingan antar kampung (tarkam). Sehingga mereka sudah mengetahui pola lawan.

"Untuk posisi open dan opposite-nya bisa kita matikan dengan blok-bloknya. Itu intinya. Kalau mereka sudah bermain dengan intensitas tinggi untuk pemberian bola kalau dari setter sudah mati berarti tim kita bisa unggul," ujar Hazid.

Mengenai pemain Jateng sendiri, Ia menyebutkan 70 persen merupakan pemain Proliga, seperti kapten tim, kaola dari pertamina. Untuk besok (Jumat) tim voli putra Jateng akan berhadapan dengan Bali. Hazid menilai Bali memiliki pemain yang bagus. Sehingga akan membuat permainan nantinya setara.

"Kita kalah waktu di piala Kapolri Cup 2023 karena mereka punya setter yang Proliga. Untuk yang pra-PON, materinya beda lagi," ujarnya.

Mengenai target di PON XXI ini, Hazid mengatakan, targetnya adalah berhasil masuk final. Kita berkaca kepada tim yang lain. 

"Semua kita waspadai terutama dari Jawa dan Bali, Karena, barometer voli masih di Jawa," imbuhnya.

Sementara Kapten Tim voli putra Jawa Tengah Koala mengucapkan rasa syukurnya bisa menang."Jatim mainnya bagus, mereka pemainnya merata termasuk yang cadangan," katanya. (PB PON XXI SUMUT/Yunan)