PON 2024

NEWS

500 UMKM Sumut Semarakkan PON XXI 2024, Banyak Kuliner Khas dan Kerajinan Tangan

Jumat, 30 Agustus 2024 | 22:10 WIB

Kerajinan tangan hasil pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

PON XXI - Medan - Sebanyak 500 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan turut menyemarakkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut dengan menampilkan berbagai kuliner, kerajinan tangan, pakaian atau busana. Keterlibatan UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian.

"Kira-kira 500 UMKM ini akan beroperasi di lokasi-lokasi seperti Gedung Serba Guna Pemprov Sumut dan Kolam Renang Selayang Medan," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut, Naslindo Sirait, di Medan, Jumat (30/08/2024).

Naslindo juga menjelaskan bahwa tingginya minat pelaku usaha menjadi dasar pihaknya juga akan mengadakan kegiatan di beberapa kabupaten dan kota, seperti Kota Siantar, Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang. "UMKM yang terlibat akan menampilkan berbagai produk seperti kuliner, kerajinan tangan, pakaian, dan lain-lain selama acara nasional ini," jelas Naslindo.

Dia menambahkan bahwa berbagai produk khas Sumut, termasuk wastra dan kuliner akan dipamerkan dalam acara tersebut. Pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) serta metode konvensional.

"Bagi UMKM yang belum menggunakan QRIS, kami akan memfasilitasi pendaftaran untuk sistem pembayaran digital tersebut," ujar Naslindo.

Dia menargetkan sebesar 60-70 persen UMKM sudah mengadopsi QRIS pada akhir 2024, dengan harapan, dapat mencapai 80 persen pada 2025. "Kami berharap produk-produk yang kami kurasi sesuai dengan kebutuhan konsumen PON dan dapat meningkatkan omzet UMKM untuk memperkuat perekonomian daerah," tambahnya.

Sumber: https://www.antaranews.com/