PON 2024

NEWS

Rio Maholtra raih emas atletik 110 meter gawang putra PON 2024

Jumat, 13 September 2024 | 00:54 WIB

Atlet Lari Lompat Gawang 110m Putra Rio Maholtra asal Sumatera Selatan berhasil finis diurutan pertama pada saat berlaga pada PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Madya Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024). Rio Maholtra berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 14.24. PB PON XXI SUMUT/Hendra Syamhari

PON XXI - Rio Maholtra raih emas atletik 110 meter gawang putra PON 2024

 

Deliserdang - Atlet Sumatera Selatan Rio Maholtra berhasil mempersembahkan medali emas cabang olahraga atletik dari nomor 110 meter putra PON XXI Aceh-Sumut. Bermain di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center di Desa Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rio sukses menambah pundi-pundi emas Sumsel di Stadion Madya Atletik Sumut.

 

Rio Maholtra yang mengambil titik start di lintasan 1 berhasil mengungguli lawan lawannya dari provinsi lain. Dia finish terdepan dengan catatan waktu 14.24 detik.

 

Rio Maholtra yang mengenakan nomor dada 294, sejak start langsung memacu larinya. Dia dibayangi-bayangi Baim Bagus Sirait dari Sumatera Utara dan Ghanes Bagus dari Jawa Timur.

 

Tampil konstan sejak start, Rio Maholtra akhirnya tampil terdepan dengan catatan waktu 14.24 detik sekaligus berhak membawa pulang medali emas. Sementara medali perak diraih Baim Bagus Sirait dari Sumatera Utara dengan catatan waktu 14.80 detik, dan perunggu diraih Ghanes Bagus dengan catatan 14.82 detik.

 

Namun sayang catatan waktu 14.24 detik yang diraih Rio Maholtra tersebut belum mampu melampaui rekor PON 2021 Papua, rekor atas namanya sendiri yang saat itu mencatat waktu 14.11 detik.

 

Capaian medali emas ini adalah yang ketiga kalinya diraih Rio Maholtra. Pada PON  XIX Jawa Barat dan PON XX Papua ia juga meraih emas di nomor yang sama.Hanya pada PON XVIII Riau ia meraih perak.

 

Rio Maholtra usai pengalungan medali mengatakan, rasa syukurnya bisa kembali bisa mempersembahkan medali emas untuk kontingennya.

 

Ia mengaku persiapan untuk menghadapi PON kali ini sama seperti PON PON sebelumnya. Latihan yang dijalani juga dengan keras apalagi ia menyadari atlet lain dari daerah lain tentunya juga punya tekad yang sama untuk meraih medali.

 

"Semoga apa yang saya raih di PON ini dapat terus dipertahankan.Masih bisa sekali lagi di PON mendatang untuk membuktikan prestasi saya. Mohon doa dari semuanya semoga bisa tercapai," katanya. (PB PON XXI SUMUT/JT).