PON 2024

NEWS

DKI Jakarta Masih Mendominasi di Kategori Catur Cepat

Kamis, 12 September 2024 | 23:25 WIB

tim catur asal DKI Jakarta menunjukkan dominasinya dengan menyapu bersih perolehan medali emas baik dalam nomor perorangan putra dan putri maupun nomor beregu putra dan putri

PON XXI - DKI Jakarta Masih Mendominasi di Kategori Catur Cepat

 

KARO - Kontingen DKI Jakarta kembali mendominasi cabang olahraga (cabor) catur untuk kategori catur cepat pada PON XXI Aceh - Sumut 2024 yang dihelat pada hari ketiga di Hotel Mikie Holiday, Desa Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis (12/9).

 

Pada kategori catur cepat ini, para pecatur akan mengikuti pertandingan sebanyak 9 babak, sama seperti kategori catur kilat sebelumnya. Para peserta juga mengikuti pertandingan di nomor perorangan untuk putra dan putri serta nomor beregu untuk putra dan putri. Pertandingan hari ini digelar sebanyak 4 babak.

 

Amatan wartawan, di klasemen sementara nomor perorangan putra, pecatur Jawa Barat, Arif Abdul Aziz menempati posisi pertama dengan perolehan nilai 3,5. Di posisi kedua ditempati pecatur DKI Jakarta, GM Novendra Priasmono dengan nilai yang sama. Di posisi ketiga, diisi oleh pecatur Kalimantan Barat, Muhammad Kamalsyah dengan perolehan nilai 2.

 

Untuk nomor perorangan putri, posisi pertama ditempati pecatur DI Yogyakarta, Shafira Devi Herfesa dengan perolehan nilai 4. Di posisi kedua, ada pecatur Kalimantan Timur, WIM Chelsie Monica Sihite dengan nilai 3,5 dan di urutan ketiga diisi oleh pecatur Papua, WIM Ivana Lasama dengan nilai 3.

 

Sementara, pecatur unggulan DKI Jakarta WIM Ummi Fisabilillah yang sebelumnya meraih medali emas di nomor catur kilat, untuk sementara berada di posisi kelima. Dimana, pada babak kedua ia ditahan imbang oleh pecatur unggulan Jawa Barat, Irene K Sukandar, peraih medali perak di nomor catur kilat sebelumnya.

 

Untuk nomor beregu putra, posisi pertama sementara ditempati Jawa Timur dengan nilai 4 dan disusul Jawa Barat pada posisi kedua dengan nilai 3. Sementara, pada nomor kali ini, pecatur tim tuan rumah Sumatera Utara berhasil naik ke urutan ketiga dengan perolehan nilai 2.

 

Pada nomor beregu putri, pecatur tim DKI Jakarta masih mendominasi. Mereka di urutan pertama dengan meraih nilai 3 dan disusul oleh pecatur tim Jawa Barat dengan perolehan nilai yang sama. Pada posisi ketiga ditempati oleh pecatur tim Lampung dengan nilai 2.

 

Koordinator Juri dan Wasit Catur PON XXI 2024, Endar Sakti Lubis menjelaskan, waktu pertandingan yang diberlakukan untuk nomor catur cepat ini sekitar 15 menit sampai 1 jam. Hasil pertandingan dari nomor ini, kata dia, akan menjadi acuan untuk fairing pada nomor catur standar beberapa hari kedepan.

 

"Hasil yang diraih pada nomor catur cepat ini akan jadi acuan untuk fairing di nomor pertandingan berikutnya. Jadi para pecatur harus mampu jadi pemenang. Hasil hari ini belum merupakan hasil akhir. Ada 5 babak tersisa yang masih akan dipertandingkan dalam dua hari kedepan," pungkas Endar.

 

Untuk diketahui, pada nomor catur kilat sebelumnya, tim catur asal DKI Jakarta menunjukkan dominasinya dengan menyapu bersih perolehan medali emas baik dalam nomor perorangan putra dan putri maupun nomor beregu putra dan putri. (PB PON XXI SUMUT/ Pardi Simalango)