PON 2024

NEWS

Futsal Putra Sumut Sama Kuat Babak Pertama Melawan NTT

Jumat, 30 Agustus 2024 | 18:14 WIB

Atlet futsal Sumatera Utara Angga Prabudi (tengah) melakukan tendangan keras kearah tim futsal Nusa Tenggara Timur dalam laga penyisihan cabang olahraga futsal PON XXI Sumut-Aceh di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumut, Kamis (29/8). PB PON XXI SUMUT-ACEH/Mirza Baihaqie

PON XXI - MEDAN - Tim futsal putra Sumatra Utara melakoni laga perdananya menghadapi kontingen Nusa Tenggara Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pertandingan itu digelar di Gedung Olahraga (GOR) Mini Futsal Dispora Sumut , Jumat (30/8/2024)

Babak pertama, kedua tim bermain sama kuat dengan skor 1-1. Tim Sumut tertinggal lebih dahulu di menit awal. 

Asisten Pelatih futsal Putra Sumut, Rinaldi Aditya mengatakan bahwa persiapan timnya sudah cukup matang untuk menghadapi laga tersebut. 

Mengingat, beberapa program latihan, termasuk sesi vidio analis sudah mereka lakukan ketika pemusatan latihan daerah (Pelatda) beberapa waktu lalu. 

"Untuk persiapan pertandingan memang secara fisik, teknik, dan taktik sudah kita persiapkan, tinggal mental. Karena mental pemain ini sangat berpengaruh," katanya 

Pada laga perdana ini, kontingen futsal putra Sumut langsung dipertemukan dengan tim NTT yang sudah terlebih dahulu melakukan pertandingan pada perhelatan pesta olahraga empat tahunan di tanah air tersebut. 

Di mana, NTT menjadi salah satu tim pembuka pada pertandingan futsal putra di PON 2024. Tim asuhan Julianur itu menghadapi tim unggulan, yakni Jawa Timur. 

Pada pertandingan itu, tim NTT berhasil meraih hasil positif dan menutup pertandingan dengan skor 6-4 dari Jawa Timur. 

Hasil ini pun di luar dugaan tim pelatih futsal putra Sumut, mengingat lawan yang di hadapi NTT merupakan tim unggulan pada futsal putra di PON 2024.

Menurut Rinaldi, keberhasilan NTT tersebut berasal dari kerja keras dan semangat juang para pemain tersebut. Diakuinya, hal ini pun menjadi perhatian pelatih tim futsal putra Sumut jelang laga perdana nantinya. 

"Memang sebenarnya di luar dari prediksi kami untuk pertandingan pembuka tadi di Jatim vs NTT. Bahwasanya hari ini NTT menang, itu sangat luar biasa. Mungkin mereka berjuang dengan baik, strateginya juga sangat baik. Itu akan menjadi catatan untuk kita, untuk bagaimana nanti bisa memberikan strategi juga supaya bisa membongkar pertahanan mereka, kemudian memanfaatkan kelelahan pertandingan mereka hari ini," beber Rinaldi. 

Kendati tim NTT sudah meraih hasil positif di pertandingan pembuka, menurut Rinaldi hal ini juga menjadi sebuah keuntungan bagi timnya, terkhusus di kondisi fisik yang jauh lebih prima. 

Dengan begitu, ia juga merasa optimistis timnya bisa meraih point penuh di laga perdana PON 2024.

"Optimistis besok kita menargetkan bisa meraih point penuh, karena kita sudah sangat yakin dengan persiapan yang sudah kita lakukan," ungkapnya. 

Terpisah, Pelatih NTT, Julianur mengucapkan puji dan syukur dengan hasil positif di laga perdana mereka. 

Menurutnya, dengan kerja keras pemainnya kemenangan itu bisa diraih. 

"Alhamdulillah beruntung menang dikasih Allah SWT. Kemenangan yang pertama diberikan Allah, dan tim yang berusaha keras. Kami akui Jatim baik. Tapi kami beruntung," kata Julianur usai laga menghadapi Jatim. 

Meski sudah memiliki modal positif, Julianur mengatakan akan segera melakukan beberapa evaluasi terhadap hasil pertandingan tersebut. (Dedy Kurniawan)