PON 2024

NEWS

Layanan Tim Kesehatan Cabor Ski Air: Dari Venue Hingga Ke Penginapan Atlet

Kamis, 12 September 2024 | 21:30 WIB

Medical center utama Cabor ski air Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XXII Balige dilengkapi dengan fasilitas mini ICU.

PON XXI - TOBA - PB PON XXI Wilayah Sumut melalui Dinas Kesehatan Pemkab Toba memaksimalkan pendampingan dan pelayanan kesehatan selama 24 jam penuh. Pelayanan mereka pun mulai dari venue hingga ke penginapan-penginapan para atlet. 

Kadis Kesehatan Toba, dr Freddi Seventry Sibarani mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan kesehatan di dua wilayah yaitu wilayah medical center, khsusus para atlet dan official dan juga wilayah publik medical khusus untuk kepada masyarakat dan juga para atlet yang menginap di hotel-hotel.

"Khusus untuk hotel tempat para atlet menginap, kita siagakan di masing-masing hotel satu tim yang terdiri dari unit ambulance, satu dokter dan beberapa para medis," ujar Freddi.

Kata dia, saat ada atlet dan official sewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan, pihak kesehatan siaga 24 jam di lokasi hotel tempat para atlet menginap. Bahkan petugas medis diinapkan di lokasi hotel lengkap dengan obat-obatan.

Untuk layanan kesehatan di venue sendiri, pihaknya telah menyiapkan mini ICU lengkap dengan fasilitas satu unit bed monitor, ventilator dan beberapa peralatan untuk pemeriksaan kesehatan lainnya yang dipimpin oleh dokter spesialis anestesi dan beberapa dokter umum serta para medis yang terlatih turut disiagakan.

"Selain itu, tiga unit ambulance advance yang memiliki peralatan yang sangat canggih yang memiliki fasilitas kedaruratan dan juga ambulance yang bisa kita fungsikan untuk mengevakuasi bilamana ada atlet ataupun para official yang membutuhkan layanan untuk dirujuk ke rumah sakit," imbuhnya.

Di medical centre venue ski air, selain menyediakan obat-obatan pihaknya juga menyediakan tenaga fisioterapi yang siaga bagi atlet membutuhkan perawatan fisioterapi karena kelelahan atau kram otot.

"Sampai sejauh ini sudah banyak atlet ataupun official yang kita layani berdasarkan laporan harian yang disiapkan tim kita. Kami juga melaporkan secara langsung kelaporan PON yang diberikan melalui link Kemenkes," pungkas Freddi Sibarani. (PB PON XXI/Ramsiana Gultom)