PON 2024

NEWS

Jateng Kembali di Depan, Richie Richardo Bungkam Rizki Dwi Cahyo

Kamis, 12 September 2024 | 18:58 WIB

PHOTO BY : CHRISTOPEL/PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN - Pebulu tangkis Richie Richardo membawa Jawa Tengah (Jateng) kembali unggul atas DKI Jakarta usai mengalahkan Rizki Dwi Cahyo dalam straight set 21-18, 21-13. Kemenangan Richie di partai kedua babak final beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, di GOR PBSI Sumut, Kamis (12/9/2024) ini membuat Jateng unggul 2-1 dalam skor besar.

Richie mengatakan ia cukup percaya diri menghadapi Rizki. “Sebelumnya sudah pernah bertemu dua kali dan saya berhasil mengalahkan dia,” katanya usai laga.

Kendati menang, Richie sempat ketar-ketir juga di awal set pertama. Permainan cepat dan ngotot yang diterapkan Rizki Dwi Cahyo membuat jarak poin di antara mereka tidak pernah terlalu jauh.

Setelah unggul 11-8 di interval, Richie Richardo mencoba meningkatkan intensitas serangan. Lob-lob serang yang dilepaskannya berhasil memaksa Rizki untuk melakukan unforce error. Pengembalian-pengembaliannya yang tanggung juga menjadi celah bagi Richie untuk mengeksekusi poin.

“Awalnya saya memang sempat mikirin skor besar. Kami kalah di ganda yang membuat skor 1-1. Kalau saya kalah, makin gawat posisi Jateng. Terus-terang awal-awalnya jadi terbebani juga hingga main saya kurang lepas,” ujarnya seraya menambahkan permainan cepat Rizki makin membuatnya terdesak.

“Jadi serba salah, permainan jadi goyang. Tangan saya sempat seperti kehilangan tenaga, tegang, gak bisa keluar permainan seperti biasa. Untungnya situasi ini tidak lama. Saya bisa kembali membangun konsentrasi,” katanya.

Gim kedua diakui lebih mudah karena ia sudah menguasai lapangan "Saya tidak mau menahan di set kedua. Begitu ada peluang saya putuskan all out dan tidak keliru. Saya senang bisa sumbang poin untuk tim,” ujarnya.

Skor 2-1 membuat laga memanjang ke partai keempat yang mempertandingkan nomor ganda putra.(PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)