PON 2024

NEWS

Faktor Alam jadi Tantangan Cabor Ski Air

Kamis, 12 September 2024 | 17:50 WIB

(Maurits Pardosi) Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Toba Rajaipan Sinurat saat berada di Venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Kamis (12/9/2024)

PON XXI - BALIGE -  Sejumlah atlet sudah memulai uji coba lapangan di perairan Danau Toba yang terletak di areal Venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Proses itu sempat terganggu karena faktor alam yang membuat venue terkendala.

"Ini namanya faktor alam. Itu tak bisa kita hindarkan. Sekarang, kita upayakan secepatnya membersihkannya agar uji coba lapangan tidak terhalang," ujar Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Toba, Rajaipan Sinurat, Kamis (12/9/2024).

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Toba memastikan eceng gondok bisa diatasi. Dengan kolaborasi bersama TNI dan BWSS, pihaknya telah membersihkan venue Cabor Ski Air.

"Kalau eceng gondok ini kan bisa datang dari mana saja karena terbawa arus air dan angin. Biasanya eceng gondok terbawa ke daerah ini setelah hujan sebelumnya," tuturnya.

Ia sebut, kehadiran eceng gondok karena faktor alam. Memang, kemarin malam, Kota Balige dilanda hujan deras dan angin kencang. Dengan demikian, eceng gondok bergeser dan merapat ke lokasi penyelenggaraan cabor Ski Air.

"Kita juga sedang membersihkan eceng gondok di beberapa lokasi terdekat, misalnya Pantai Pardinggaran dan Pantai Pelangi. Yang mana ponton ini bisa difungskikan," sambungnya.(PB PON XXI/Maurits Pardosi)