PON 2024

NEWS

Atraksi Peski Air Jumping Bikin Penonton PON XXI Berdecak Kagum

Kamis, 12 September 2024 | 17:39 WIB

(Maurits Pardosi) Warga sekitar tengah menyaksikan atlet Ski Air uji coba lapangan untuk nomor Waterski Jumping, Kamis (12/9/2024).

PON XXI - BALIGE - Uji lintasan untuk nomor Waterski Jumping yang berlangsung, Kamis (12/9/2024) memberikan pemandangan tersendiri. Saat peski air memperlihatkan aksinya selepas berlabuh di papan jumping, sontak warga bersorak kagum. 

Beberapa atlet melakukan uji lapangan jumping berhasil mendarat sempurna di permukaan perairan Danau Toba. 

Seorang warga sekitar Zetro (33) mengutarakan, atlet untuk nomor jumping terlihat mengagumkan karena mampu melewati latihan dengan baik. Ternyata, ia melihat sejumlah atlet yang sudah menyelesaikan sesi uji coba. Beberapa atlet yang ia lihat mampu mendarat sempurna pascajumping. 

"Setidaknya sudah tiga atlet yang kulihat. Semuanya bagus sekali. Walau tidak tahu apa kriteria penilaian, tapi yang pasti atlet itu enggak ada yang jatuh," ujar Zetro (33), Kamis (12/9/2024).

Datang ke venue bersama anak-anak menurutnya sebuah kesempatan edukasi dalam keluarga. Pasalnya, dengan melihat secara langsung, anak-anaknya dapat belajar kegigihan dari para atlet. Keberanian atlet serta kemampuan mengendalikan diri merupakan bagian dari pembelajaran bagi anak-anaknya.

"Bersama keluarga datang ke sini. Anak-anakku pun jadi tertarik. Karena ini pertama sekali ia lihat secara langsung bisa jumping," sambungnya.

Ia mengaku olahrga Ski Air belum populer bagi masyarakat sekitar. Walaupun demikian, ia bersama anak-anaknya tetap antusias mengikuti uji lapangan. Sebelumnya, ia bersama anaknya sudah hadir terlebih dahulu di areal venue.

"Walau olahraga ini belum populer di tengah masyarakat kita di sini, tapi mampu juga menyedot perhatian. Memang kemarin itu juga sudah ada saat pra-PON di Toba ini. Itupun kita datang ke sini," sambungnya. 

"Kita berharap semua atlet yang ikut pada nomor ini bisa menjalankan pertandingan dengan lancar. Karena ini termasuk olahraga yang sangat beresiko," tuturnya.

Homologator Ski Air Nigel Talamo menjelaskan, untuk hari ini, uji lapangan akan digelar untuk dua nomor yakni Waterski Jumping dan Slalom. Pada nomor Waterski Jumping, ada sebanyak 15 atlet yang sudah melakukan uji coba lapangan. Setiap kontingen mendaftarkan atlet perwakilannya pada uji coba lapangan jumping.

"Untuk hari ini, kita bakal melakukan uji lapangan untuk jumping dan slalom. Ada sebanyak 15 orang yang sudah melakukan uji lapangan jumping karena memang kita batasi jumlah orang pada setiap kontingen yang hadir," ujar Homologator Ski Air, Nigel Talamo.(PB PON XXI/ Maurits Pardosi)