PON 2024

NEWS

Ganda Putra dan Beregu Putri Sumut Lolos ke Final Pencak Silat

Kamis, 12 September 2024 | 15:44 WIB

Pesilat putra Sumut, Rizki Farhan dan Rizki Fakhri beraksi di semifinal kategori seni ganda putra melawan pesilat dari DKI Jakarta, Imam Suyudi dan Asep Raihan Ramdani pada cabang olahraga pencak silat PON XXI Aceh Sumut 2024 yang berlangsung di GOR Veteran Disporasu, Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2024)/ PB. PON XXI SUMUT/ M. Zulfan Dalimunthe

PON XXI - Medan - Hasil membanggakan diraih kontingen Sumut pada cabang olahraga (cabor) Pencak Silat nomor seni di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 pada hari ketiga pelaksanaan.

Pasalnya Sumut berhasil meloloskan dua wakil ke partai final dari kelas ganda putra dan beregu putri dalam laga semifinal yang berakhir Rabu (11/9/2024) malam di GOR Veteran Disporasu, Medan. Sehingga peluang emas terbuka lebar.

Di kelas ganda putra, Sumut yang diwakili pasangan Rizki Farhan/Rizki Fakhri sukses mengalahkan pasangan DKI Jakarta, Imam Suyadi/Asep Raihan Ramdani.

Sementara itu di beregu putri, Sumut yang diperkuat Ghausya Syafanah Syifa, Siti Nur Saadah, dan Siti Nur Aina berhasil mengalahkan wakil DKI Jakarta, Atiatul Muna, Meliani Puspita, dan Ira Awaliyah.

"Alhamdulillah, dari nomor seni Sumut berhasil melangkah ke final lewat ganda putra dan beregu putri," kata Pelatih Pencak Silat PON Sumut, Pedomanta Keliat.

"Kita semua patut bersyukur atas hasil ini dan semoga di final nanti kita bisa meraih emas. Lagi-lagi saya mohon doa dan dukungan masyarakat Sumatera Utara agar anak-anak bisa meraih emas," sambungnya.

Kendati demikian, lanjut Pedomanta, pihaknya tetap mengapresiasi perjuangan para pesilat Sumut yang turun di kelas tunggal putra dan tunggal putri, yang hanya mampu meraih medali perunggu usai takluk dari lawan-lawannya di semifinal.

Pesilat tunggal putri Sumut, Deslya Anggraini, harus mengakui keunggulan wakil Jawa Barat, Risya Gunawan. Sedangkan pesilat tunggal putra Sumut, Tri Rahmad Sampurno takluk dari wakil Aceh, Dzaky Fadhlurrohman.

"Kalah menang itu merupakan hal biasa dalam olahraga. Kita semua tetap apresiasi perjuangan Deslya (tunggal putri) dan Tri Rahmad (tunggal putra) yang mampu mempersembahkan medali perunggu untuk Sumut," pungkasnya. (PB PON XXI SUMUT/Zul Anwar)