PON 2024

NEWS

Zaki Ubaidillah Menang Dua Set, Jateng Ungguli Jakarta 1-0

Kamis, 12 September 2024 | 15:27 WIB

Pebulutangkis Jawa Tengah (Jateng) Yuke Gamareza Radjasa dan Michael Owen melakukan selebrasi dengan kemenangan atas pebulutangkis Jawa Barat (Jabar) Galuh Dwi Putra dan M.Gibran Arfiansyah pada babak semi final cabor bulutangkis beregu putra di GOR PBSI Sumut, Rabu (11/09/2024). Jateng menang dengan Skor 3-0. PB PON SUMUT XXI / Alexander AP Siahaan.

PON XXI - MEDAN - Moh Zaki Ubaidillah berhasil menyumbang poin pertama bagi Jawa Tengah (Jateng) dalam final beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Zaki mengalahkan wakil DKI Jakarta, Dewangga Surya Negara, dalam dua set langsung dengan skor 21-14, 21-16.

Pada pertandingan yang berlangsung di GOR PBSI Sumut pada Kamis (12/9/2024) ini, Ubed, sapaan akrab Zaki, menunjukkan kelasnya sebagai pemain yang memiliki jam terbang cukup tinggi. Pemain klub PB Djarum ini tampil dominan sejak babak penyisihan hingga final.

Di awal pertandingan, duel berjalan sengit dengan kedua pemain saling berbalas poin. Ubed sempat unggul 3-1, tapi Dewangga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat bola-bola menyilang.

Permainan makin menarik saat keduanya terus berkejaran poin hingga skor kembali imbang 7-7. Namun, smash tajam dari Ubed mulai membuat perbedaan. Ia perlahan menemukan ritmenya dan berhasil unggul 11-8 saat interval gim pertama setelah pukulan kerasnya gagal dikembalikan oleh Dewangga.

Setelah interval, Ubed semakin mendominasi. Pukulan drive dari atlet berusia 17 tahun ini membawa keunggulan menjadi 14-10. Meski Dewangga terus berusaha mengejar, Ubed tetap unggul hingga meraih game point dengan skor 20-14. Ubed akhirnya menutup gim pertama dengan kemenangan 21-14 lewat smash kerasnya.

Gim kedua berlangsung serupa. Ubed tak pernah tertinggal dalam perolehan poin. Setelah unggul 3-2, ia meraih empat poin berturut-turut dan memperbesar keunggulan menjadi 7-4. Dengan kepercayaan diri yang semakin tinggi, Ubed mulai memainkan gerak tipu yang sukses memperdaya Dewangga.

Meski Dewangga sempat meraih dua poin untuk memperkecil jarak, Ubed kembali menjauhkan skor menjadi 10-5. Meskipun Dewangga sempat mendapatkan empat poin berkat permainan menyerangnya, Ubed tetap menutup interval dengan keunggulan 11-9.

Selepas interval, Ubed tampil lebih agresif. Meski Dewangga bertahan dengan sigap, Ubed terus memimpin hingga akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-16.

Kemenangan ini membuat Jawa Tengah unggul 1-0 atas Jakarta. Di partai kedua, ganda Jateng Michael Owen/Yuke Radjasa berhadapan dengan Rayhan/Wahyu Prasetyo.(PB PON XXI SUMUT/Christopel)