PON 2024

NEWS

Tuan Rumah, Tim Futsal Sumut Fokus Siapkan Mental Hadapi Kontingen NTT di Laga Perdana

Kamis, 29 Agustus 2024 | 21:00 WIB

Kiper futsal Nusa Tengggara Timur Muhammad Rizwan berjaga ketat dalam pertandingan babak penyisihan futsal grup A melawan tim futsal Jawa Timur pada ajang PON XXI Sumut-Aceh di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumut, Kamis (29/8). Diskominfo Sumut/Mirza Baihaqie

PON XXI - DELISERDANG - Sebagai tuan rumah pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Tim Futsal Sumut fokus menjaga mental pemainnya jelang laga perdana menghadapi NTT. Laga perdana sudah dimulai sejak Kamis (29/8/2024) 

Laga tim futsal akan digelar di GOR Disporasu pada 29 Agustus sampai 8 September 2024 mendatang. Pelatih futsal Sumut, Hendrawan Ferdiansyah mengatakan, bahwa, mental pemain menjadi fokus utama pada sisa waktu yang ada jelang pertandingan lawan NTT. 

Hendrawan menilai, mental pemainnya harus tetap terjaga sebagai tuan rumah, sehingga tidak mengganggu strategi yang disiapkan untuk diterapkan di 

"Fokus utama masih tetap menjaga mental anak-anak, dengan situasi dan kondisi yang ada di Sumut. Karena kita selaku tuan rumah mungkin kita harus menjaga supaya tidak terbebani. Jadi mental terus yang kita asah ke anak-anak," ungkap Ferdiansyah. 

Demi menjaga performa para pemain, pihaknya memberikan pengetahuan dengan menyaksikan sejumlah video yang dapat memotivasi para pemainnya. Bahkan, sehari sebelum pertandingan futsal digelar, pihaknya akan melakukan uji coba lapangan, guna mengaplikasikan strategi yang sudah dipersiapkan. 

agar strategi tidak dibaca lawan, Ferdiansyah enggan membeberkan uji coba lapangan seperti apa yang akan mereka lakukan. Katanya, tidak ada lagi pemusatan latihan, yang ada kelas room. 

"Mungkin nanti kita ada uji coba lapangan, untuk menerapkan strategi yang tidak diketahui tim lawan," katanya. 

Ferdiansyah optimistis terhadap para pemainnya bisa tampil maksimal pada perhelatan pesta olahraga akbar di tanah air tersebut. Status tuan rumah jelas jadi modal lebih dari kontestan lain. 

"Target Sumut untuk menciptakan sejarah baru bagi futsal. Saya tetap optimistis dengan tim yang saat ini kita bangun, untuk sebuah medali, sebuah sejarah dan pembuktian untuk futsal Sumut. Jadi apapun yang hari ini terjadi di Sumut ya fokus merebut medali," tegasnya. 

Untuk itu, dirinya mengingatkan kepada pemainnya agar tidak terbebani jelang pertandingan futsal pada PON 2024. Ia berharap, para pemain bisa bermain tanpa beban, sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. 

"Para pemain selalu saya ingatkan bahwa sekarang semakin dekat, semakin harus difokuskan, tidak ada yang dipikirkan selain game (pertandingan), tidak ada yang boleh membawa masalah di luar ke dalam tim," ujar Ferdiansyah. 

Harapan Ferdiansyah kepada seluruh masyarakat Sumut bisa turut hadir menyaksikan pertandingan tim binaannya di PON 2024. Dia juga menjanjikan karakter Sumut yang keras dengan poin penuh. (PBPONXXI2024/ded)