PON 2024

NEWS

Menang Telak 74-12, Winda Novi Pastikan Tambah Medali Untuk Sumbar

Kamis, 12 September 2024 | 14:31 WIB

Pesilat putri Sumut Deslya Anggrani beraksi dalam semi final nomor seni tunggal saat PON XXI Aceh-Sumut di GOR Veteran Disporasu Kota Medan, Rabu (11/9). PB PON XXI Sumut /Andy Aditya

PON XXI - Medan - Pesilat putri Sumatera Barat Winda Novi Yalni memastikan menambah koleksi medali untuk provinsinya. Winda Novi yang bertanding di Kelas C Putri, menang telak atas persilat Aceh Ayu Oktavia 74-12.

Bertanding di Gelanggang pertama GOR Veteran Disporasu, Rabu (11/9/2024), sejak babak awal Winda sudah langsung menekan.

Di babak pertama Winda yang bertanding di sudut biru berhasil mengumpulkan 24 poin hasil dua kali tendangan dan tujuh kali jatuhan. Sedangkan Ayu hanya berhasil mengumpulkan sembilan poin hasil tendangan.

Memasuki babak kedua, Winda semakin menggila, sehingga tidak satupun poin berhasil diperoleh Ayu. Serangan-serangan yang dilancarkannya membuat Ayu tak lagi konsentrasi untuk melakukan balasan. Di babak kedua, Winda berhasil mengumpulkan 28 poin, 24 diantaranya melalui teknik jatuhan dan 7 tendangan.

Dominasi Winda terus berlanjut hingga babak ketiga dengan merebut 22 poin dan 15 diantaranya melalui teknik jatuhan. Kemenangan ini memastikan Winda melaju ke semifinal sekaligus menambah koleksi medali perunggu bagi kontingen Sumbar. 

Satu lagi pesilat Sumbar, Muhammad Tri Bintang Syanu, melangkah ke babak semifinal pencak silat.  Bertanding di kelas F Putra, Tri Bintang mengalahkan pesilat Sumatera Selatan Alvin Masa'iz.

Bintang memimpin sejak babak pertama. Di babak kedua pesilat Sumbar ini unggul dengan skor 16-7. Sejatinya poin bintang pada babak ini sudah mencapai 21, hanya saja wasit menjatuhkan pengurangan 5 poin akibat dua kali pelanggaran yang dilakukan. 

Pada babak ketiga, kedua pesilat kejar mengejar poin. Bintang akhirnya mampu menyadari pertandingan dengan skor 31-17 sekaligus memastikan medali perunggu.

Pelatih Pencak Silat Sumbar, Sahripal Efendi berharap Tri Bintang Syah mampu melanjutkan tren positif hingga partai puncak. Di semifinal, Bintang akan ditantang pesilat Papua yang sebelumnya mengalahkan pesilat Sumut. (PB PON XXI SUMUT/Susilo)