PON 2024

NEWS

DKI Jakarta Kembali Sabet Medali Emas Renang Artistik

Kamis, 12 September 2024 | 02:00 WIB

Atlet renang artistik DKI Jakarta Gabrielle Permata dan Hilda Tri Julyandra melakukan penampilannya pada final nomor duet technical di gelaran PON XXI Sumut-Aceh di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2024). PB PON XXI ACEH-SUMUT/Mirza Baihaqie

PON XXI - MEDAN - Kontingen DKI Jakarta kembali menunjukkan prestasi gemilang pada cabang olahraga renang artistik PON XXI/2024 Aceh-Sumut, setelah sukses meraih medali emas kedua, Rabu (11/9/2024) sore.

Berlaga di Kolam Renang Selayang, Jalan DR Mansyur Medan, capaian kali ini dipersembahkan oleh dua atletnya, Gabrielle Permata dan Hilda Tri Julyandra, dalam kategori duet/duo.

Sehari sebelumnya, DKI Jakarta juga sudah meraih medali emas melalui Hilda Tri Julyandra yang tampil di kategori solo. Dengan demikian, Hilda berhasil membawa pulang medali emas keduanya di kolam yang sama pada gelaran PON kali ini.

Cabang olahraga renang artistik masih akan memperebutkan satu medali emas lagi dari kategori beregu yang dijadwalkan berlangsung Kamis (12/9/2024).

**Tampil Apik**

Pada babak final, Gabrielle dan Hilda tampil gemilang di kedua sesi, yaitu technical routine yang digelar pagi hari serta free routine pada sore harinya.

Pada sesi technical routine, mereka mendapatkan skor 70,26. Sementara di sesi free routine, Gabrielle dan Hilda meraih nilai 70,26 dari penilaian execution, artistic impression, dan difficulty.

Dengan total nilai 138,60 dari para juri, pasangan ini menempati posisi teratas, mengungguli pasangan Amanda Mutiara-Mutiara Nur Azizah dari Sulawesi Selatan yang meraih medali perak.

Sementara itu, medali perunggu tidak diperebutkan di kategori ini karena hanya diikuti oleh empat tim, yaitu dari DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Usai penyerahan medali, Gabrielle Permata mengungkapkan rasa bahagianya saat ditanyai wartawan tentang perasaannya setelah meraih medali emas. 

"Senang sekali. Doa kami akhirnya terkabul," ucapnya dengan senyum lebar.

Gabrielle menjelaskan bahwa persiapan menuju hasil ini sangat panjang, dimulai sejak tahun 2021. 

"Sejak 2021 kami terus mempersiapkan diri. Akhirnya, perjuangan kami tidak sia-sia karena berhasil meraih medali emas," katanya.

Sementara itu, Hilda, yang sebelumnya juga meraih medali emas di kategori solo, mengucapkan terima kasih kepada pelatih, orang tua, dan keluarga yang selalu mendukung mereka.

"Kuncinya adalah melakukan yang terbaik sesuai arahan pelatih," ucapnya ketika ditanya mengenai kiat meraih prestasi. 

(PB PON XXI SUMUT/EKO HENDRA)