PON 2024

NEWS

Dilintasi Balap Sepeda Road Race, Arus Lalu Lintas Pematangsiantar Akan Dialihkan

Kamis, 12 September 2024 | 02:14 WIB

Pembalap beregu putri Jawa Barat Putri Sefia Ardianti dan Shaskya Putri Almahbub memacu sepedanya pada balap sepeda PON XXI Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Rabu ( 11/9/2024 ). PB PON XXI Sumut / Agatha Capri

PON XXI - PEMATANGSIANTAR - Cabang olahraga Balap Sepeda Road Race Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI akan digelar pada Kamis, 12-13 September 2024. Akan ada sejumlah pengalihan arus di Kota Pematang Siantar.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Pematangsiantar  Gabriellah A Gultom pada wartawan, Rabu (11/9/2024). Pihaknya telah melakukan persiapan matang untuk pengamanan dan rekayasa lalu lintas yang akan dilalui para pebalap dari berbagai kontingen di Indonesia.

Oleh karena itu, Satlantas Polres Pematangsiantar telah menyiapkan rute sepanjang 34 kilometer yang akan digunakan pembalap Sepeda Road Race diantaranya Jalan Medan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman, Jalan Gereja, Jalan DI. Panjaitan, Simpang Dua serta Jalan Simarimbun depan Masjid Al Hadi sebagai garis finish.

"Jalan tersebut akan ditutup untuk umum, hari Kamis 12 September 2024 mulai pukul 09:30 WIB sampai 14:00 WIB. Untuk Jumat, 13 September 2024 jalur akan ditutup pada pukul 07:30 WIB hingga pukul 10:30 WIB. Ini perlu di dipedomani," kata Gabriellah.

Gabriellah menambahkan kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan terkait titik-titik pengamanan mulai dari perbatasan Jembatan Sigagak hingga ke jalan Parapat perbatasan depan Masjid Alhadi.

"Dalam hal pengamanan pelaksanaan Balap Sepeda putra jarak panjang dan putri jarak pendek mengambil titik start di Lapangan Parawisata Kota Pematangsiantar." terangnya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan jalur untuk  warga Kota Pematangsiantar dan warga dari luar kota yang akan melintas pada jalur Road Bike.

"Kami akan menempatkan petugas yang akan mengarahkan pengendara agar tidak melewati jalur pada saat ditutup untuk kepentingan jalur Balap Sepeda Road Race,” ucapnya.

Ia mengimbau pada kendaraan Angkutan Berat, Angkutan Kota Dalam Provinsi dan Angkutan Kota Antar Provinsi untuk mengurangi aktivitas dan pergerakan pada saat perlombaan Balap Sepeda Road Race berlangsung.

Ia juga meminta warga Pematangsiantar dan sekitarnya untuk mematuhi arahan dari petugas di lapangan dan bekerjasama agar perhelatan PON XXI Aceh – Sumut yang digelar di Kota Pematangsiantar berjalan dengan lancar dan sukses.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan PON XXI di Kota Pematangsiantar karena ini akan terjadi dalam waktu yang dekat. Jadi dalam momen ini mari kita lakukan yang terbaik untuk pelaksanaan PON ini,” tutur Gabriellah.

Untuk menyemarakkan event Balap Sepeda Road Race ini, Gabriellah mempersilahkan warga untuk menonton langsung pada jalur lintasan perlombaan.

“Bisa menonton dari pinggir jalan di sepanjang perlintasan sesuai rutenya, dengan catatan tidak menonton sampai ke badan jalan yang dapat berpotensi mengganggu fokus para atlet serta membahayakan diri sendiri,” tutupnya. (PB PON XXI SUMUT / Daniel Roymanto )