PON 2024

NEWS

Jakarta Melaju ke Posisi Kedua Klasemen Medali PON XXI Setelah Tambah 12 Emas

Selasa, 10 September 2024 | 23:11 WIB

Jakarta Melaju ke Posisi Kedua Klasemen Medali PON XXI Setelah Tambah 12 Emas

PON XXI - Medan - Kontingen DKI Jakarta tampil menawan di PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan menambah koleksi 12 medali emas. Capaian ini melambungkan Jakarta ke posisi kedua klasemen sementara, mengumpulkan total 23 medali emas, 29 perak, dan 12 perunggu, setelah sebelumnya berada di posisi kelima.

Kemenangan bersejarah diraih Jakarta di cabang olahraga bola basket 5×5, baik putra maupun putri, dengan menaklukkan Jawa Timur di final. Ini merupakan kemenangan emas yang dinantikan setelah 20 tahun.

Dengan tambahan medali ini, Jakarta berhasil menggeser posisi Jawa Barat serta dua tuan rumah Aceh dan Sumut. Saat ini, Jakarta berada di belakang Jawa Timur yang masih memimpin dengan 29 emas, 17 perak, dan 21 perunggu.

Komandan Posko Kontingen DKI Jakarta, Wilbertus Sihotang, mengungkapkan, “Perjalanan Jakarta sesuai harapan. Meskipun sempat mengalami sedikit kendala, hari ini kami berhasil meraih 12 emas.”

Wilbertus menambahkan bahwa Kontingen Jakarta tidak menghadapi masalah besar dan semua berjalan lancar selama PON kali ini. “Kami akan terus memberikan pelayanan maksimal untuk mendukung atlet kami. Persaingan semakin ketat, dan Jakarta, Jabar, serta Jatim akan terus bersaing.”

Di Sumut, Jakarta menambah medali emas dari cabang renang artistik solo, loncat indah, dan dansa, sementara di Aceh, emas tambahan diraih dari bola basket putra dan putri. Atlet renang artistik, Hilda Tri Julyandra, menyumbangkan emas dengan total nilai 136,20, mengalahkan Mutiara Nur Azisah dari Sulawesi Selatan yang meraih perak dengan nilai 133,09, dan Maharani Sekar dari Jawa Barat yang mendapatkan perunggu dengan nilai 128,21.

Hilda menyatakan, “Saya sangat senang dan bangga karena kerja keras latihan selama ini terbayar.”

Atlet loncat indah Jakarta, Tri Anggoro Priambodo, juga meraih emas di nomor perseorangan papan 1 meter putra dengan nilai 330,25, mengalahkan M. Ridho Akbar yang meraih perak dengan 297,90, dan Aldinsyah Putra Rafi dari Jawa Timur yang meraih perunggu dengan 291,05.