PON 2024

NEWS

Tim Futsal Papua Terkejut Lapangan Futsal Sumut Lebih Besar dari Tempat Latihan Mereka

Kamis, 29 Agustus 2024 | 23:40 WIB

Lapangan Futsal PON XXI Tahun 2024 Sumut-Aceh Wilayah Sumatera Utara

PON XXI - DELISERDANG - Tim Futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024 sudah mulai bertanding di babak penyisihan grup sejak Kamis (29/8/2024) di GOR Futsal Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar. Tim Futsal Papua satu di antara yang berlaga di laga kedua setelah duel Jawa Timur versus Nusa Tenggara Timur. 

Dari Tim PON Papua, pelatih Matheus Balubun menurunkan Yance, Hadzon, Januari, James, Very. Tim cadangan Jeremay, Waromi, Abraham, Jhon Onesimus, Ronny, Samuel, Evra Aibesa, Amindey, Gilbert, Alban.

Tim Papua hadapi kesulitan beradaptasi dengan lantai lapangan dan ukuran panjang serta lebar lapangan. Tim Papua terkejut luas dan lebar lapangan yang tidak biasa dari tempat mereka latihan. 

"Tim Papua selama latihan lebih sering main di lapangan lebih kecil dari PON XXI Sumut-Aceh ini. Pemain terkejut saat main di lapangan yang besar dari kebiasaan di Wamena. jadi harus adaptasi," jelas Matheus pelatih Futsal Papua. 

Kapten Futsal Putra Papua, Yance mengaku stamina mereka terkuras lebih selama menjalani pertandingan perdana. Atmosfer berbeda dirasakan dibanding Papua dan Sumatera Utara. 

"Kami adaptasi dengan lapangan. Tadi tertekan karena pengaruh lapangan beda, jadi adaptasi, kendala lapangan terlalu lengket dengan sepatu," kata Yance. 

Pun demikian, laga selanjutnya sudah ada persiapan dan edukasi untuk Papua Pegunungan. Mereka bersyukur dengan hasil seri. 

"Hasil sesuai harapan, kami kecolongan menit akhir. Tim lain jauh lebih baik tapi kami bisa mendapat poin," kata Matheus menimpali. 

Diketahui kontingen Aceh bertemu kontingen Papua Pegunungan pada babak penyisihan.

Tim Futsal PON Aceh, pelatih Wahyu Triyanto menurunkan Fauzul Kabir, Fathir, Yazid, Raymon, Ahlul Halwal. Tim cadangan M Maulizar, Faiz, Arzha, Surya, Rabbani, Rizieq, Mutaqin, Afdhalul, Revan.

Tim Aceh tampil dengan jersey Merah-Putih yang menurunkan kekuatan terbaik tertinggal lebih dahulu. Namun, skor 1-0 hanya bertahan beberapa menit setelah akhirnya Aceh menyamakan skor. (PBPONXXI2024/ded)