PON 2024

NEWS

Cabor Tinju PON XXI Aceh-Sumut: 205 Petinju dari 28 Provinsi Beradu di 20 Kelas Pertandingan

Rabu, 11 September 2024 | 13:32 WIB

Petinju asal Papua Pegunungan Sema Dabby berhadapan dengan tuan rumah Sumut, Ahmad Hatoguan Harahap pada kelas 57 - 60 kg pertandingan babak penyisihan I, Cabor tinju PON XXI Aceh - Sumut 2024 ,Pertandingan tinju pertama yang digelar di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar pada selasa (10/09/2024).PB PON/Dhev Bakkara

PON XXI - Pematangsiantar - Cabor tinju di PON XXI Aceh-Sumut diikuti oleh kontingen dari 28 provinsi dengan total 205 petinju, yang terdiri dari 114 atlet putra dan 91 atlet putri. Para atlet ini akan berkompetisi dalam 20 kelas nomor pertandingan yang digelar selama beberapa hari ke depan.

Pada hari pertama sebanyak 18 nomor pertandingan digelar pada cabang olahraga tinju PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Pertandingan tersebut berlangsung di Aula Universitas HKBP Nomensen, Jalan Sangnawaluh, Pematangsiantar, pada Selasa (10/9/2024).

Dari 18 pertandingan yang digelar, delapan pertandingan merupakan pertarungan antara petinju putri, sedangkan 10 nomor lainnya adalah pertandingan putra. Pertandingan hari pertama menampilkan beberapa duel sengit dari berbagai kelas.

Di kelas 45-48 kg, petinju Andini dari Sulawesi Selatan di sudut merah berhadapan dengan Jesika Umbas dari Jawa Barat di sudut biru. Pada pertandingan lainnya di kelas yang sama, Merlin Tomatala dari Papua Barat bertarung melawan Cindy Chinora dari Riau.

Masih di kelas 45-48 kg, Nazwa Salsabila dari Kalimantan Barat bertemu dengan Melania G Langobiri dari Bali di sudut biru.

Di kelas 54-57 kg, Yolanda Syah Fitri asal Aceh berhadapan dengan Maria Manguntu dari Sulawesi Utara, sementara di pertandingan lain di kelas yang sama, Gracia Denada Rumbobiar dari Papua Barat menghadapi Silpa Lau Ratu dari Kalimantan Selatan.

Petinju Feby Melanda dari Sulawesi Selatan di kelas 54-57 kg beradu dengan Maulida Intan Savira dari Sumatera Utara.

Pertandingan terakhir putri di hari pertama adalah di kelas 60-63 kg, di mana Mervana Efrida Nengsih dari Sumatera Utara bertarung melawan Huswatun Hasanah dari Nusa Tenggara Barat, serta Dominika Asnat Bayo dari Nusa Tenggara Timur menghadapi Wima Kawi Mayor Sroyer dari Papua Barat.

Pada kelas putra, pertandingan di hari pertama menampilkan aksi sengit dari beberapa petinju terbaik di Indonesia. Meski narasi baru tidak menyebutkan secara spesifik pertandingan putra, diperkirakan petinju dari berbagai daerah siap memberikan penampilan terbaiknya di PON XXI kali ini.

Cabang olahraga tinju ini diikuti dengan antusias oleh 28 provinsi dengan 205 atlet yang bersaing di 20 kelas pertandingan. PON XXI/2024 Aceh-Sumut diharapkan akan menjadi ajang pembuktian para petinju dari seluruh Indonesia untuk meraih medali dan mengharumkan nama daerahnya (PON XXI SUMUT/JUNAIDI)