PON 2024

NEWS

Moh Zaki Ubaidillah, Juara Indonesia Masters 2024 Belum Terbendung di PON XXI

Rabu, 11 September 2024 | 11:35 WIB

Moh Zaki Ubaidillah, Juara Indonesia Masters 2024 Belum Terbendung di PON XXI

PON XXI - MEDAN - Sejumlah atlet dengan jam terbang tinggi di level nasional, dan bahkan internasional, turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Tak terkecuali di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Satu di antaranya Moh Zaki Ubaidillah yang pekan lalu baru menjuarai turnaman BWF 100 Indonesia Masters 2024. Di partai final kejuaraan yang digelar di Riau ini, Zaki menekuk pemain tunggal putra pelatnas yang merupakan juara BWF World Junior Championship 2023, Alwi Farhan.

Kiprah Zaki yang bermain untuk kontingen PON Jawa Tengah (Jateng) sejauh ini belum terbendung. Tampil di nomor beregu, Ubed, sapaan akrabnya, didapuk sebagai tunggal pertama Jateng. Di laga pertama ia menang atas pebulutangkis Sumut M Alvin Prayoga dengan skor 21-13, 21-6. Pun di laga kedua. Ubed tetap superior dan mengatasi lawannya Ryan Putra Widyanto dari DI Yogyakarta dengan straight set 21-16, 21-12.

“Saya senang bisa menang. Di awal pertandingan, saya sempat terburu-buru dan bermain cepat untuk menekan lawan. Namun, lawan juga bermain baik. Memasuki set kedua, saya lebih tenang dan bisa mengatur pukulan dengan lebih baik. Target saya dari awal memang untuk menang langsung dua set,” ujarnya.

Ubed juga mengakui bahwa ia sudah familiar dengan gaya permainan lawannya, mengingat mereka sering bertemu di berbagai turnamen seperti Kejurnas dan Sirnas di Pulau Jawa.

Ubed, yang mulai mencintai bulu tangkis sejak kecil, awalnya bergabung dengan PB Rahmat Pati di Jawa Timur sebelum akhirnya lolos seleksi ke PB Djarum pada 2019.

“Saya sudah lima tahun di Djarum,” kata Ubed yang saat ini masih duduk di bangku kelas XI SMA Kudus.

Selain menargetkan kemenangan di PON kali ini, Ubed juga bercita-cita untuk masuk Pelatnas dan mengikuti jejak idolanya, Anthony Sinisuka Ginting.

“Ginting memiliki skill luar biasa dengan variasi pukulan yang tajam. Saya sangat ingin mengikuti jejaknya. Tahun ini, target saya bisa masuk pelatnas,” ujarnya.(PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)