PON 2024

NEWS

Papua Pegunungan Maju ke Semifinal Sepak Bola Putri PON XXI

Senin, 9 September 2024 | 23:20 WIB

Papua Pegunungan Maju ke Semifinal Sepak Bola Putri PON XXI

PON XXI - Deli Serdang - Tim sepak bola putri Papua Pegunungan mencetak sejarah baru di ajang PON XXI 2024 setelah berhasil melaju ke babak semifinal. Keberhasilan ini diraih setelah mereka tampil impresif di Grup C, mengamankan posisi puncak klasemen.

Pada laga terakhir grup yang digelar di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Senin (9/9/2024), Papua Pegunungan bermain imbang 1-1 melawan DI Yogyakarta (DIY). Meskipun DIY unggul cepat lewat gol Octavianti di menit pertama, Papua Pegunungan berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua melalui gol Rulin Aspalek pada menit ke-68.

Sebelumnya, Papua Pegunungan mencatatkan kemenangan meyakinkan 3-1 atas Kalimantan Timur pada 5 September 2024. Dengan hasil tersebut, mereka berhasil mengumpulkan empat poin dan mengamankan tiket semifinal sebagai juara Grup C.

Meskipun sempat mendapatkan peluang emas untuk memenangkan pertandingan melalui hadiah penalti, kapten Regina gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol. Namun, hasil imbang 1-1 sudah cukup untuk mengantar mereka ke babak empat besar.

Priagung Dani Atmojo selaku Pelatih Papua Pegunungan merasa sangat bersyukur atas pencapaian timnya. "Kami bersyukur bisa mencapai semifinal di PON ini. Ini semua berkat tangan Tuhan, bukan hanya kekuatan kami. Dari dua pertandingan ini, saya harap pemain tetap termotivasi, bersemangat, dan disiplin," ujar Priagung.

Di sisi lain, DIY harus puas dengan posisi runner-up di Grup C setelah hanya meraih dua hasil imbang. Mereka gagal melaju ke semifinal dan harus mengakhiri perjalanan lebih awal. Pelatih DIY, Nopendi, tetap memberikan apresiasi kepada para pemainnya yang telah berjuang keras.

"Mereka sudah memberikan yang terbaik, meski sedikit kesalahan dimanfaatkan oleh lawan," ujar Nopendi.

Sebagai juara Grup C, Papua Pegunungan kini menunggu calon lawan di semifinal, antara Jawa Barat (juara Grup A) atau DKI Jakarta (juara Grup B). Sementara itu, tim putri Sumatra Utara dan Sulawesi Selatan masih bersaing untuk memperebutkan posisi semifinal sebagai runner-up terbaik.

Hasil Pertandingan Grup C:

  • Kalimantan Timur 1-3 Papua Pegunungan
  • DI Yogyakarta 0-0 Kalimantan Timur
  • Papua Pegunungan 1-1 DI Yogyakarta