PON 2024

NEWS

Cabor Ski Air PON XXI di Toba, Bikin Warganya Bangga

Senin, 9 September 2024 | 22:25 WIB

Sekretaris Panitia Pelaksana Cabor Ski Air PON XXI ACEH-SUMUT, Emir Reza berfoto bersama atlet ski air Sumatera Utara. Emir Reza memberikan keterangan pers terkait tertundanya pertandingan cabor ski air yang diakibatkan beberapa faktor seperti keterlambatan vendor, cuaca, peralatan dan kelengkapan yang belum terpenuhi sampai acara pembukaan ski air di Venue F1H2O, lapangan Sisimangaraja, Balige, Kab. Toba, Senin (9/9). PB PON XXI SUMUT/ HERMANTO TOBING.

PON XXI - Cabor Ski Air PON XXI di Toba, Bikin Warganya Bangga

BALIGE - Kabupaten Toba mendapatkan kepercayaan sebagai lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut - Aceh 2024 untuk cabang olahraga (cabor) ski air. Event bertaraf nasional ini akan digelar mulai 9 September 2024 hingga 19 September 2024.

Seorang warga sekitar Alex Siagian, 33, mengutarakan rasa bangganya atas penyelenggaraan event ini. Ia uraikan, mulai dari Kirab Obor PON beberapa waktu lalu telah menyedot perhatian warga sekitar. Menurutnya, PON merupakan bagian dari sejarah Toba.

"Mulai dari Kirab Obor PON kemarin itu, kita lihat antuasias masyarakat sekitar. Mereka berbaris di jalan sembari lihat kirab obor. Bahkan, gerimis pun tak jadi penghalang," ujar Alex Siagian (33), Senin (9/9/2024).

"Tentu ini adalah sejarah bagi Toba. Sejak Indonesia ada, baru kali ini sebuah cabor dilaksanakan di Toba. Dalam sejarahnya, PON pernah diselenggarakan di Sumut pada tahun 1953," sambungnya.

Ia sudah hadir sejak pagi hari untuk mengikuti acara pembukaan cabor ski air di Toba. Acara tersebut dimeriahkan dengan adanya tarian nusantara.

"PON untuk cabor ski air telah dijadwalkan mulai pukul 7.00 WIB. Jadi, saya datang lebih pagi. Tadi, acaranya menarik karena dibumbui dengan tarian nusantara. Ini kan cocok sebagai bahan pembelajaran untuk anak-anak," sambungnya.

Amatan di lapangan, sejumlah atlet dan official sudah mulai memeriksa kelengkapan peralatan sebelum bertanding. Bahkan, hari ini para atlet dijadwalkan uji coba lintasan.(PB PON XXI SUMUT/Maurits Pardosi)