PON 2024

NEWS

Cabor Kabaddi Perdana di PON 2024, Tujuh Provinsi Bertanding Rebut Medali

Senin, 9 September 2024 | 22:22 WIB

Atlet Kabaddi Lampung Sidabutar (tengah) mencoba menghindari serangan para Atlet Kabaddi Sumut pada laga penyisihan Kabaddi nomor National Styal di GOR Lubuk Pakam, Deliserdang, Senin (9/9). Tim Kabaddi Sumut menang melawan Tim Kabaddi Lampung pada penyisihan di nomor National Styal dengan skor 52-33. PB PON XII Sumut/Khairil Umri

PON XXI - Cabor Kabaddi Perdana di PON 2024, Tujuh Provinsi Bertanding Rebut Medali

DELI SERDANG – Cabang Olahraga (Cabor) Kabaddi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dibuka dan dipertandingkan di Gedung Olahraga Lubukpakam,  Senin, (9/9/2024).

 

Upacara pembukaan berlangsung meriah dengan dihadari berbagai pihak, termasuk Ketua Umum PP FOKSI I Gusti Bagus Alit Putra, Ketua FOKSI Sumut Dicky Hendrawan, dan perwakilan Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

 

Ketua Umum PP FOKSI I Gusti Bagus Alit Putra mengatakan dalam sambutannya sebagai atlet kabaddi harus bermain sportif mengikuti peraturan janji atlet atau janji wasit.

 

“Kita harapkan marwah kabaddi Indonesia lebih berkumandang. Dalam pertandingan PON ini harus sesuai dengan janji atlet dan juga janji wasit. Saya percaya semangat terus dan sportivitasnya juga harus tinggi. Semangat untuk meraih prestasi dan harus jaga nama baik daerah,” ucapnya Wagub Bali Periode 1998-2003 ini.

 

Olahraga beregu yang dimainkan sebanyak tujuh orang dalam satu tim ini merupakan olahraga nasional berasal dari Tamil Nadu India.

 

Permainan ini mencetak angka dengan menyerang daerah lawan dan menyentuh, menandai atau bertarung dengan sebanyak mungkin pemain bertahan tanpa tertangkap saat menahan nafas.

 

Penyerang harus kembali ke daerahnya dalam tarikan nafas yang sama. Pemain bertahan dalam membentuk rantai manusia, misalnya dengan saling bergandengan, yang jika rantai putus maka anggota tim bertahan harus keluar.

 

Lanjut dalam sambutannya sekaligus membuka pertandingan cabang olahraga Kabaddi dalam PON XXI Aceh-Sumut I Gusti Bagus menyampaikan atlet harus bermain adil, menghormati aturan permainan dan menang tanpa sombong.

 

Dalam pertandingan cabang olahraga Kabaddi PON XXI Aceh-Sumut berlaga tujuh Provinsi yaitu Aceh, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sumut. Dengan dua kategori yakni Putra dan Putri.(PB PON XXI SUMUT/ Yurika F)