PON 2024

NEWS

PON XXI Aceh-Sumut: Atlet Ski Air Siap Tempur di Danau Toba

Senin, 9 September 2024 | 22:08 WIB

PEMBUKAAN CABOR SKI AIR_Teknisi panitia pelaksana cabor ski air PON XXI ACEH-SUMUT 2024 berupaya membenahi papan jumping ski air di Venue F1H2O, lapangan Sisimangaraja, Balige, Kab. Toba, Senin (9/9). Pertandingan cabor ski air ditunda pelaksanaannya, menurut Sekretaris Panitia Pelaksana Cabor Ski Air PON XXI ACEH-SUMUT, Emir Reza, hal ini diakibatkan beberapa faktor seperti keterlambatan vendor, cuaca, peralatan dan kelengkapan yang belum terpenuhi sampai acara pembukaan. PB PON XXI SUMUT/ HERMANTO TOBING.

PON XXI - PON XXI Aceh-Sumut: Atlet Ski Air Siap Tempur di Danau Toba

MEDAN - Atlet ski air DKI Jakarta, Adi Hermana Tadir, mengaku terus mempersiapkan diri secara maksimal menjelang uji coba nomor waterski jumping di Danau Toba. 

Atlet yang akan berlaga di nomor jumping, slalom, dan overall ini menyatakan bahwa persiapan dan pemanasan telah dilakukan, meski masih menunggu penyelesaian lapangan oleh panitia.

"Kami masih menunggu panitia menyelesaikan setting lapangan. Jadwal saat ini masih tentatif, jadi kami harus menunggu informasi lebih lanjut," ujar Adi Hermana pada Senin (9/9/2024).

Kontingen DKI Jakarta menargetkan perolehan medali emas sebanyak-banyaknya dalam PON XXI. Sebanyak 18 atlet dari Jakarta akan berlaga, terdiri dari 5 atlet di nomor waterski jumping, 5 atlet di nomor waterski slalom, 6 atlet wakeboard, dan 2 atlet individual. 

Adi Hermana sendiri optimis mampu menyumbangkan dua medali emas di nomor jumping dan kategori tim.

Sementara itu, babak uji coba cabang olahraga ski air untuk nomor waterski jumping di venue F1H2O Balige mengalami penundaan akibat beberapa kendala teknis. Reza, Sekretaris Panitia Pelaksana PON untuk cabang ski air, menjelaskan bahwa penundaan ini disebabkan oleh perubahan jadwal.

"Uji coba waterski jumping yang seharusnya dijadwalkan pagi ini terpaksa ditunda. Kami terus berupaya agar semua berjalan optimal sehingga uji coba tetap bisa dilaksanakan hari ini," ujar Reza saat dikonfirmasi di Media Center, Balige.

Meski penundaan terjadi, panitia tetap berusaha agar tidak ada keterlambatan lebih lanjut. Percobaan waterski jumping diharapkan dapat berjalan pada siang hari, tergantung pada kondisi cuaca.

Saat ini, kontingen dari 15 provinsi telah hadir di Kabupaten Toba, dengan jumlah total 125 atlet dan 52 official. Cabang olahraga ski air akan mempertandingkan enam nomor, yaitu waterski jumping, waterski trick, waterski slalom, wakeboard, wakesurf, serta exhibition wakeskate untuk kategori putra dan putri.

Para atlet dan official terlihat memantau persiapan venue sembari menunggu uji coba berlangsung. Panitia masih menyusun jadwal pertandingan yang akan segera diumumkan setelah finalisasi dari bidang pertandingan.

Dengan antusiasme yang tinggi, para atlet dan panitia berharap pelaksanaan pertandingan ski air di Danau Toba dapat berjalan lancar dan menghasilkan prestasi.(PB PON XXI SUMUT/ Ramsiana Gultom)