PON 2024

NEWS

Pencak Silat Jabar Ingin Hattrick Juara Umum PON

Senin, 9 September 2024 | 21:04 WIB

Pesilat putri dari Jawa Barat, Rahmawati (merah), berhasil menjatuhkan lawannya, pesilat dari DIY, Dyah Purnama Sari, pada pertandingan pencak silat PON XXI Aceh Sumut 2024 yang berlangsung di GOR Veteran Disporasu, Medan, Sumatera Utara, Senin (9/9/2024)./ PON SUMUT XXI/M.Zulfan Dalimunthe

PON XXI -  Pencak Silat Jabar Ingin Hattrick Juara Umum PON

KBRN, Medan: Ambisi besar diusung kontingen Pencak Silat Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024. Menyandang status dua kali beruntun juara umum PON (2016,2020), jabar ingin meraih hattrick juara umum di PON kali ini. 

Pelatih pencak silat Jabar, Cece Hermawan bahkan ngotot ingin memberikan kado spesial bagi provinsi yang juga dua kali beruntun juara umum di ajang multi event olahraga empat tahunan itu. 

Cece Hermawan mengatakan dengan diperkuat sejumlah atlet pelatnas dan syarat berpengalaman di event internasional, kepingan medali emas sangat mudah diraih. 

“Persiapan di PON ini, kami telah melakukan persiapan intensif selama tujuh bulan dengan menggembleng atlet latihan tiga kali sehari,” ujar Cece Hermawan usai memberikan arahan kepada para atlet di GOR Veteran Medan, Senin (9/9/2024) pagi. 

Disebutkan Cece, Jawa Barat juga memiliki padepokan atau tempat latihan khusus di Jalan Pajajaran, yang menjadi pusat kegiatan latihan rutin. Padepokan ini menjadi tempat untuk mengasah kemampuan seni bela diri pencak silat, dengan fasilitas yang mendukung latihan para atlet.

"Pada PON tahun ini, Jawa Barat melibatkan 26 atlet pencak silat, termasuk beberapa mantan juara yang telah berprestasi di ajang sebelumnya. Beberapa nama besar seperti Hanifan, Giva, dan Ganda Putri juga turut ambil bagian dalam tim. Dari 26 atlet tersebut, sekitar 7 di antaranya adalah mantan juara dari PON sebelumnya,” ucap Cece.

Jawa Barat sendiri, memiliki target untuk meraih sebanyak mungkin medali emas sehingga target juara umum bisa terwujud. 

Semua provinsi tetap dianggap sebagai rival yang kuat dan perlu diwaspadai, namun Jawa Barat optimis dengan persiapan dan kekuatan tim mereka. (PB PON XXI SUMUT/ Paulina Marpaung)