PON 2024

NEWS

Jatim Borong Emas Balap Sepeda MTB DHI Putra Putri

Senin, 9 September 2024 | 17:14 WIB

Pembalap MTB Jawa Timurt Dois Audi Fikriansyah berhasil mencatat waktu tercepat dari pembalap lainnya 02:49,752 detik disusul rekan satu teamnya Pandu Satrio Perkasa 02:51,644 detik dan tempat ketiga dari Sumatera Selatan 02:54,116 detik. 16 Pembalap MTB Individual Downhill PON XXI Sumut 2024 mewakili 11 propinsi.(9/9/2024) PB PON XXI SUMUT/A. ENDRO RUSHARYANTO

PON XXI - Kontingen Jawa Timur (Jatim) berhasil menjadi jawara di cabor balap sepeda nomor Individual Downhill (DHI) kategori putra dan putri PON XXI 2024 di MTB Arena Tahura Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Karo, Senin (9/9/2024).

Untuk kategori putra, dua pebalap Jatim berhasil meraih podium di tempat pertama dan kedua. Sementara di tempat ketiga, diraih oleh pebalap Sumatera Selatan. Untuk kategori putri, atlet Jatim juga berhasil mencatatkan namanya sebagai yang tercepat disusul Jawa Barat ditempat kedua dan Aceh di posisi ketiga.

Persaingan 16 pebalap putra untuk jadi yang terbaik di trek sepanjang 1,57 Km ini, berlangsung begitu sengit. Hal tersebut terlihat pada torehan waktu yang diraih enam orang pebalap di posisi teratas. Selisih waktu antar pemuncak dengan pebalap di posisi keenam hanya terpaut 15 detik.

Sejumlah pebalap mengaku jika trek lintasan balap hari ini sedikit kesulitan melintasi medan rute dikarenakan kondisinya yang cukup basah akibat diguyur hujan deras sehari sebelumnya usai pelaksanaan Seeding Run.

Pada hasil akhir, pebalap Jatim Dois Audi Fikriansyah kembali mampu mencapai garis finish dengan torehan waktu tercepat 2 menit 49,752 detik. Pada babak Seeding Run sehari sebelumnya, Dois juga mampu menjadi yang tercepat dengan waktu 2 menit 49,752 detik.

Posisi kedua yang pada babak Seeding Run diisi pebalap Sumatera Selatan Putra Ganda Arrozaq, pada Final Run ini direbut oleh pebalap Jatim Pandu Satrio Perkasa dengan catatan waktu 2 menit 51,644 detik. Putra Ganda Arrozaq sendiri bergeser ke posisi ketiga dengan catatan waktu 2 menit 54,116 detik.

Sementara pada kategori putri, hasil yang diperoleh di Seeding Run sebelumnya tak jauh berubah pada babak Final Run hari ini. Pebalap Jatim Milatul Khaqimah masih mampu mempertahankan posisinya di podium pertama dengan perolehan waktu 3 menit 13,434 detik.

Demikian halnya dengan posisi kedua dan ketiga. Pebalap Jawa Barat Riska Amelia Agustina juga bertahan sebagai runner-up dengan catatan waktu 3 menit 32,742 detik. Pada posisi ketiga, pebalap Aceh Keysah Ginais Nafsi juga belum tergeser. Ia finish di waktu 3 menit 40,504 detik.

Perubahan di kategori putri berada pada posisi kelima dan keenam. Pada babak Seeding Run kemarin, posisi kelima diisi pebalap Jawa Tengah Karisha Alvinita Risandy. Di Final Run kali ini, ia melorot ke posisi keenam usai digeser pebalap Sulawesi Tengah Vionnisa Andrio yang naik ke posisi kelima.

Amatan wartawan, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Karo menampilkan tarian adat tradisional Karo dan kesenian tradisional Karo gundala-gundala menjelang penyerahan penghargaan.

Untuk kategori putri, medali emas diserahkan oleh Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang, medali perak diserahkan oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting dan medali perunggu diserahkan oleh Sekretaris Umum ISSI Sumut Bessi Sitorus Pane.

Sementara untuk kategori putra, medali emas diserahkan oleh Kapolres Karo AKBP Eko Yulianto, medali perak diserahkan oleh Wakil Ketua Bidang SDM Panwasrah PON XXI 2024 Taru Guritna dan medali perunggu diserahkan oleh Kepala UPT Tahura Bukit Barisan Kamalluzzaman Nasution. (PB PON XXI SUMUT/Pardingotan)