PON 2024

NEWS

Penonton di Venue Barongsai Membludak Bakar Semangat Kontingen Sumut Borong Emas

Minggu, 8 September 2024 | 22:42 WIB

Suporter tim barongsai DKI Jakarta memberikan semangat kepada para atlet PON XXI Aceh-Sumut di Martail Art Arena, Sumut Sport Center, Deli Serdang pada Minggu (8/9/24). PB PON XXI SUMUT / WAHYUDI ATMAWAN

PON XXI - Penonton di Venue Barongsai Membludak Bakar Semangat Kontingen Sumut Borong Emas

 

DELISERDANG - Sejak masyarakat bisa memperoleh tiket gratis secara langsung, jumlah penonton di venue-venue membludak. Misal di venue barongsai, tercatat sebanyak 1000 - 1200 orang rata-rata per hari memenuhi tribun.

 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana cabang olahraga barongsai PON XXI Bobby C Halim usai pertandingan barongsai di Martial Art Arena, Kawasan Sport Center Sumut, Deli Serdang, Minggu (8/9/2024). Ia mengungkapkan penonton di venue tersebut selalu padat.

 

Dari pengamatan, sejak awal pertandingan pada Kamis (4/9/20024) sampai dengan pertandingan terakhir, bangku-bangku tersebut sudah dipadati penonton. Sebagian besar dari mereka merupakan pendukung tuan rumah.

 

Suporter Sumut terlihat berasal dari berbagai kalangan, termasuk pelajar. Dukungan ke para atlet Sumut diberikan mereka dengan berbagai cara, mulai dari teriakan, tepuk tangan, sorak-sorai, hingga nyanyian.

 

Bahkan pada hari ketiga dan keempat pertandingan, tidak sedikit dari mereka membawa alat-alat musik perkusi dan menabuhnya sepanjang pertandingan seperti maraknya pertandingan sepak bola. Suporter dari provinsi lain juga terlihat menonjol selama cabor barongsai berlangsung, seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Riau dan Aceh.

 

Padatnya tribun penonton memberi dampak positif yang besar pada penampilan tim barongsai Sumut. Bobby mengapresiasi  warga Sumut yang mendukung para atlet dengan menonton langsung di arena. Dukungan itu diyakini ikut memompa semangat para atlet sehingga Sumut mampu memperoleh medali emas terbanyak di cabor Barongsai.

 

"Kami sangat berterima kasih kepada ribuan warga Sumut yang mendukung langsung penampilan para atlet di lapangan," ungkap Bobby yang juga Sekretaris Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumut

 

Cabang olahraga (cabor) barongsai PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya hari ini, Minggu (8/9/2024). PON XXI menjadi debut cabor Barongsai di ajang PON dengan 10 nomor pertandingan.

 

Dari jumlah nomor itu, Sumatera Utara (Sumut) berhasil mendapatkan empat medali emas. Jumlah itu menjadi yang terbanyak dari empat provinsi lain peraih medali emas di cabor Barongsai.

 

Jumlah total perolehan medali itu juga melampaui target yang dipatok FOBI Sumut, yakni tiga medali emas. Bobby mengatakan, prestasi ini tidak lepas dari dukungan warga Sumut yang menonton langsung pertandingan dan memberi dukungan. (PB PON XXI SUMUT/Yoseph)