PON 2024

NEWS

39 Bendera Kontingen Dikibarkan dalam Pembukaan PON XXI 2024

Minggu, 8 September 2024 | 21:51 WIB

Pengibaran dilakukan oleh satuan polisi pamong praja pada Minggu (8/9/2024)

PON XXI - Medan - Prosesi pengibaran 39 bendera kontingen PON XXI 2024 meliputi 38 provinsi di Indonesia serta bendera Ibu Kota Nusantara digelar di Lapangan Astaka Pancing, Sumatera Utara, pada Minggu (8/09/2024). Pengibaran dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja, dengan upacara dipimpin langsung oleh Pejabat Gubernur Sumatra Utara, Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Fatoni menegaskan pentingnya acara ini sebagai tanda resmi dimulainya PON ke-21. "Dengan pengibaran bendera kontingen hari ini, seluruh rangkaian Pekan Olahraga Nasional dimulai di Sumatra Utara, sebagai ajang olahraga terbesar di Indonesia," ujar Fatoni.

Ia juga menekankan kehormatan Sumatra Utara sebagai tuan rumah bersama Aceh dalam perhelatan besar ini. "Menjadi tuan rumah PON adalah kehormatan dan kebanggaan besar bagi Sumatra Utara, sekaligus tanggung jawab sejarah yang kita emban bersama," tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Panwasrah PON Wilayah Sumut, Mayjen TNI (Purn) Heru Suryono, Ketua Bidang Upacara PON XXI Wilayah Sumut, M. Mahfullah Pratama Daulay, serta Wakil Ketua Bidang Upacara Panwasrah PON Sumut, Drs. Ishak Setyadi Sjam.

Setyadi menyebut pengibaran bendera kontingen yang dilakukan oleh Satpol PP Sumut menjadi sejarah baru bagi provinsi tersebut. "Kami bangga bahwa prosesi pengibaran bendera ini diiringi oleh marching band Satpol PP Sumut, sebuah momen bersejarah bagi kita semua," ungkap Setyadi.

Dengan pengibaran bendera ini, Sumatra Utara secara resmi siap menyambut ribuan atlet dari seluruh penjuru Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di tanah air.