PON 2024

NEWS

Jabar Unggul di Final Futsal Putri PON XXI, Kalahkan DKI Jakarta 5-2

Minggu, 8 September 2024 | 21:42 WIB

-

PON XXI - Deli Serdang - Kontingen Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih medali emas cabang olahraga Futsal Putri pada PON XXI setelah menaklukkan DKI Jakarta dengan skor 5-2 di partai final yang digelar di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (8/9/2024).

Pelatih Futsal Putri Jabar, Arif Kurniawan, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan ini, mengakui bahwa mental bertanding menjadi kunci di laga final. "Alhamdulillah, kami bersyukur. Final lebih menuntut kekuatan mental, dan tim Jawa Barat sudah siap untuk itu. Kami bisa mengantisipasi serangan lawan dan mencetak gol cepat di babak pertama," ujarnya.

Pada babak kedua, Arif menekankan pentingnya memotivasi pemain dengan memanfaatkan kelemahan lawan yang telah dianalisis sebelumnya. "Kami sudah tahu kelemahan DKI Jakarta, karena sering bertemu di liga pro dan timnas. Itu membantu kami mengunci kemenangan 5-2 di babak kedua," tambahnya.

Arif juga mengakui bahwa pemain Jabar sempat merasa terbebani dengan target meraih emas setelah tim putra gagal lolos. Menurutnya, saat penyisihan, timnya sempat kesulitan, namun mereka percaya setelah kesulitan akan ada kemudahan. “Setelah keluar dari penyisihan, kami akhirnya meraih emas," jelasnya.

Jabar unggul berkat gol dari Annisa Nurul Aisyah (5'), Fitri Rosdiana (16', 31', 39'), dan Ikeu Rosita (21'). Sedangkan dua gol balasan DKI Jakarta dicetak oleh Nisma Francida Rusdiana (15') dan Dinar Kartika Sari (27').