PON 2024

NEWS

Hanya Mampu Berbagi Angka, Peluang NTB dan Papua Makin Tipis

Minggu, 8 September 2024 | 18:41 WIB

Atlet Hockey Indoor putri nomor punggung 10 Nusa Tenggara Barat (NTB), Nania Hidayati dijaga ketat tiga orang pemain asal Papua pada babak penyisihan cabor Hockey Indoor dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Deliserdang, Sumatera Utara, Minggu (8/9/24). NTB menahan imbang Papua dengan skor 1-1 setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-32 oleh pemain nomor punggung 32 Dhabithah Batrisya Samsuri/PB.PON XXI SUMUT/Kadri Boy Tarigan

PON XXI - MEDAN - Tim Hockey Indoor Putri Provinsi Papua hanya bisa bermain Imbang 1-1 melawan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada laga lanjutan fase grup (kualifikasi) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Minggu (8/9/2024).

Hasil imbang ini sekaligus membuat peluang mereka untuk meraih medali jadi kian tipis. NTB berada di posisi 5 klasemen sedangkan Papua persis setingkat di bawahnya. Kedua tim mengemas poin yang sama, dengan NTB sedikit lebih unggul dalam selisih gol.

Cabang olahraga (cabor) hockey indoor (putra dan putri) di pertandingan dengan sistem setengah kompetisi. Tiap tim dalam satu grup saling bertemu, dan peringkat satu dan dua pada klasemen akhir akan bertarung memperebutkan medali emas di laga final. Adapun peringkat tiga dan empat bertanding untuk medali perunggu.

Potensi peluang yang kecil (untuk tidak menyebutnya tertutup) membuat kedua tim tampil kurang menyengat. Baik NTB maupun Papua terkesan tak terlalu ngotot. Walau demikian, jual beli serangan tetap terjadi.

Papua lebih dulu unggul di awal kuarter pertama, yang kemudian dibalas NTB beberapa menit berselang. Setelah ini, tidak ada lagi gol yang tercipta. Hingga akhir kuarter empat, bola lebih sering berkutat berputar-putar di lapangan tengah.

Pelatih Papua Edward Rumbiak mengatakan timnya masih punya peluang untuk melaju ke pertandingan memperebutkan perunggu. Namun dengan catatan, pada laga pamungkas besok, bisa menekuk Sumatera Utara (Sumut) dengan skor besar. Di lain sisi, di saat bersamaan, tim yang jadi kompetitor terdekat juga gagal menang. Dengan kata lain, mereka sangat tergantung pada hasil pertandingan tim lain.

Sumut saat ini masih berada di posisi tiga klasemen di bawah Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

“Berat tapi kita harus tetap berusaha. Kami masih punya peluang,” ucapnya. (PB PON XXI Sumut/Ahmad Rizal)