PON 2024

NEWS

Aceh Gondol Dua Emas dari Cabor Barongsai PON XXI

Minggu, 8 September 2024 | 18:31 WIB

Tim barongsai Aceh nomor barongsai ketangkasan berusaha menendang chaiching dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut di Martail Art Arena, Sumut Sport Center, Deli Serdang pada Minggu (8/9/24). PB PON XXI SUMUT / WAHYUDI ATMAWAN

PON XXI - DELI SERDANG - Provinsi Aceh berhasil menggondol dua medali emas dari cabor Barongsai di ajang PON XXI. Perolehan medali emas itu dipastikan setelah babak final nomor Barongsai Ketangkasan mampu dimenangkan Aceh atas Jawa Timur.

Cabang olahraga (cabor) Barongsai PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya hari ini, Minggu (8/9). Dengan pertandingan terakhir, babak final nomor Barongsai Ketangkasan yang mempertemukan Aceh dengan Jawa Timur (Jatim).

Pada hasil akhir, dewan juri memenangkan tim Aceh dengan selisih keunggulan 0,2 detik atas Jatim. Barongsai Ketangkasan merupakan satu dari 10 nomor pertandingan cabor Barongsai yang mengharuskan kaki pemain kepala menyentuh sasaran di posisi ketinggian dengan jumlah tertentu, secepat mungkin.

Kemenangan dari pertarungan yang sengit ini menyejajarkan Aceh dengan Jatim yang sudah terlebih dahulu menyabet dua medali emas. Sementara peraih medali emas terbanyak di cabor ini ditempati Sumut dengan empat medali.

"Ini sesuai dengan target kami, dua medali emas dari Barongsai," ungkap Bachtiar Hasan, Ketua Kontingen KONI Aceh, seusai pertandingan, Minggu (8/9/2024).

Menurut dia, capaian Aceh di cabor Barongsai tidak lepas dari persiapan tim yang sudah dilakukan sejak Januari 2024. Sebagai bagian dari persiapan, para atlet juga sudah diikutsertakan dalam beberapa kejuaraan, baik di dalam maupun luar negeri.

Dia meyakini capaian medali ini juga berkat kerja sama yang baik antara pelatih dengan pengurus KONI dan FOBI Aceh. Adapun satu medali emas lain yang berhasil digondol Aceh berasal dari nomor Pekingsai Kecepatan.

Dia berharap, capaian medali emas di Barongsai juga diikuti atlet Aceh dari cabor yang lain. Aceh merupakan tuan rumah penyelenggaraan PON XXI bersama dengan Sumut.

Menurut Bachtiar, pihaknya menurunkan 1.200 atlet di ajang PON XXI. Dari jumlah itu, sebanyak 640 orang atlet di antaranya dikirim ke Sumut untuk perburuan medali emas pada 34 cabor yang dipertandingkan di Sumut. (PB PON XXI SUMUT/Yoseph)