PON 2024

NEWS

Keluar dari Tekanan, Kaltara Sabet Emas di Nomor Barongsai Taolu Bebas

Minggu, 8 September 2024 | 10:04 WIB

Tim barongsai Kalimantan Utara nomor barongsai taolu bebas menerima medali emas PON XXI Aceh-Sumut di Martial Art Arena, Sumut Sport Center pada Sabtu (7/9/24). PB PON XXI SUMUT/ WAHYUDI ATMAWAN.

PON XXI - Keluar dari Tekanan, Kaltara Sabet Emas di Nomor Barongsai Taolu Bebas

 

DELI SERDANG - Kalimantan Utara (Kaltara) mampu keluar dari tekanan Kalimantan Selatan (Kalsel) dan menyudahi pertandingan nomor Barongsai Taolu Bebas di PON XXI dengan perolehan medali emas. Sementara Aceh harus puas dengan medali perunggu.

 

Bertanding di Martial Arts Arena, Sport Center Sumut, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (7/9), sebanyak delapan provinsi peserta nomor Barongsai Taolu Bebas telah menyelesaikan pertandingan. Dengan hasil, Kalimantan Utara (Kaltara) keluar sebagai pemenang pertama dengan skor 9,17, diikuti Kalimantan Selatan 9,15 dan Aceh di peringkat ketiga dengan nilai 8,92.

 

Dalam pertandingan itu, tim Barongsai Taolu Bebas Kaltara sempat tertekan dengan perolehan nilai Kalsel. Saat itu perolehan nilai Kalsel mencapai 9,15 atau tertinggi dari tiga tim yang sudah tampil, yakni Riau, Aceh dan Sumut.

 

Sementara Kaltara dan tiga provinsi lain tampil setelah Kalsel. Namun mereka mampu keluar dari tekanan itu hingga akhirnya berhasil mendulang emas di nomor Barongsai Taolu Bebas.

 

Hal itu diakui Ferdy, pelatih tim Barongsai Kaltara. Namun dia sudah mengantisipasi situasi itu sehingga anak-anak didiknya mampu keluar dari tekanan tersebut.

 

"Kami sudah antisipasi dengan beberapa pra kompetisi dan menekankan (atlet), itu seperti kompetisi yang sesungguhnya," ungkap dia.

 

Dalam menghadapi event sebesar PON, Ferdy dan ofisial tim Kaltara lain juga selalu memberi penekanan kepada para atlet bahwa pihak yang dilawan sebenarnya diri mereka sendiri.

 

Ardiman, Pemain Kepala tim Barongsai Taolu Bebas Kaltara, mengaku sempat merasa tertekan. Namun dia mengatakan situasi itu tidak berlangsung lama setelah pelatih meminta mereka untuk tetap semangat.

 

"Pelatih terus support, meminta kami tetap semangat sehingga terhindar dari tekanan," ujarnya.

 

Barongsai Taolu Bebas menjadi satu dari 10 nomor yang dipertandingkan cabang olahraga Barongsai dalam PON XXI. Kemenangan ini membuat Kaltara memperoleh emas pertamanya di cabor Barongsai dari dua nomor yang diikuti provinsi itu. (PB PON XXI SUMUT/Yoseph)