PON 2024

NEWS

Tim DIY Rayakan Kemenangan di Ucok Durian dan Berastagi

Minggu, 8 September 2024 | 01:12 WIB

Tim barongsai Yogyakarta nomor naga taolu bebas melakukan gerakan sulit dalam perebutan medali PON XXI Aceh-Sumut di Martial Art Arena, Sumut Sport Center pada Sabtu (7/9/24). PB PON XXI SUMUT/ WAHYUDI ATMAWAN.

PON XXI - Tim DIY Rayakan Kemenangan di Ucok Durian dan Berastagi

 

DELISERDANG - Tim barongsai Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan rayakan kemenangan di Ucok Durian Medan. Rencana tersebut muncul setelah DIY berhasil meraih emas pada nomor pertandingan naga taolu bebas.

 

Hal itu diungkapkan salah seorang atlet barongsai Provinsi DIY Rizki kepada wartawan, di Martial Art Arena, Kawasan Sport Center Sumut, Batang Kuis, Deli Serdang, Sabtu (7/9/2024). "Rencana nanti malam mau ke ucok durian," ucapnya.

 

Rizki mengungkapkan selama berada di Medan, dirinya dan rekan timnya yang terdiri dari 14 orang belum pernah kemana-mana. Hal tersebut disebabkan jadwal latihan dan persiapan sebelum pertandingan.

 

"Belum ada kemana-mana, dari Hotel (Griya) kesini (sport centre)," sambungnya.

 

Dengan hasil yang maksimal, mereka berencana hendak berjalan-jalan keliling Kota Medan. "Habis makan durian, mau ke Istana Maimun, keliling-keliling lah pokoknya," ujarnya.

 

Esok (Minggu) harinya mereka pun berencana akan melanjutkan berwisata ke Berastagi, Karo. Rizki sebenarnya ingin juga berwisata ke Pulau Samosir, Danau Toba. Namun karena waktu yang tidak memungkinkan, mereka mengurungkan niatnya.

 

"Ke Berastagi aja besoknya, maunya ke pulau Samosir. Tapi waktunya nggak dapat. Karena tanggal 10 (september) kami sudah kembali," jelas pria yang masih berstatus pelajar ini.

 

Hal senada juga dikatakan Putra, dirinya sangat ingin sekali menikmati indahnya Danau Toba. "Waktunya nggak sempat, karena mau beli oleh-oleh lagi," katanya.

 

Dengan memperoleh medali emas ini, mereka dijanjikan akan diberikan uang sebesar Rp50 juta per orang. "Kami cuma menguasai naga taolu bebas ini, yang lain tidak" tutup pria yang bekerja sebagai tukang ayam di Yogyakarta.

 

Pada pertandingan naga taolu bebas ini tim berisikan masing-masing terdiri dari 11 anggota. Di akhir pertandingan dewan juri menyatakan bahwa Yogyakarta, Sumatera Barat (Sumbar) dan Jawa Tengah (Jateng) keluar sebagai juara pertama, kedua dan ketiga. (PB PON XXI SUMUT/Reza)