PON 2024

NEWS

Bungkam Sulawesi Selatan 2-0, Dua Gol Rihla Nuer Aulia Bawa DKI Jakarta ke Semifinal Sepak Bola Putri

Minggu, 8 September 2024 | 00:52 WIB

Pesepakbola putri DKI Jakarta Viny Silvianus (kiri) berusaha melewati kawalan pesepakbola putri Sulawesi Selatan Astriani pada pertandingan penyisihan di grup B, PON XXI Aceh-Sumut 2024, di Stadion Mini Dispora Sumut, Deliserdang, Sabtu (7/9/2024). Tim sepakbola putri DKI Jakarta berhasil mengalahkan lawannya tim sepakbola putri Sulsel dengan skor 2-0. PB PON XXI SUMUT/MHD DANIEL EFFENDI SIREGAR

PON XXI - Bungkam Sulawesi Selatan 2-0, Dua Gol Rihla Nuer Aulia Bawa DKI Jakarta ke Semifinal Sepak Bola Putri

DELISERDANG - Tim DKI Jakarta berhasil mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-0 dalam laga penyisihan grup PON XXI Aceh Sumut cabang olahraga sepak bola putri yang berlangsung di Stadion Mini Disporasu, Deli Serdang, Sabtu (7/9/2024). Dua gol DKI Jakarta diborong oleh Rihla Nuer Aulia.

Kemenangan ini memastikan DKI Jakarta melaju ke babak semifinal setelah meraih kemenangan beruntun dalam dua laga yang sudah dilakoni. DKI Jakarta menjadi juara grup B dengan mengoleksi enam poin pada klasemen. Mereka akan menghadapi juara Grup C atau runner-up Grup A pada laga berikutnya.

Sejak peluit awal ditiupkan, tim sepak bola putri DKI Jakarta langsung menekan pertahanan Sulawesi Selatan. Serangan demi serangan dilancarkan dari berbagai sektor, baik dari sisi kiri maupun kanan, membuat Sulawesi Selatan berada dalam tekanan sepanjang pertandingan.

Tim DKI Jakarta terus meningkatkan intensitas serangan untuk memastikan kemenangan penuh. Namun usaha mereka membangun serangan belum mampu merubah kedudukan. Skor pun bertahan 0-0 hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, DKI Jakarta melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Rihla Nuer Aulia pada menit ke-60. Kehadiran Aulia berhasil meningkatkan daya serang tim, terutama di lini depan yang beberapa kali mengancam gawang Sulawesi Selatan.

Aulia pun membawa Jakarta unggul 1-0 pada menit ke-68 lewat gol yang diciptakannya.. Berkat kerjasama yang solid, Rihla Nuer Aulia berhasil mencetak gol dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, setelah menerima umpan matang dari rekan setimnya.

Sembilan menit berselang, tepatnya pada menit ke-77, Rihla Nuer Aulia kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol kedua tersebut lahir dari kerja sama yang apik.

Lini bawah Sulawesi Selatan kerepotan menahan serangan Jakarta. Tendangan Aulia pun kembali merobek gawang Sulawesi Selatan. Skor berubah menjadi 2-0. Keunggulan Jakarta 2-0 ini pun bertahan hingga peluit panjang ditiupkan.

Usai pertandingan, Asisten pelatih DKI Jakarta, Febriadi, menyatakan kepuasannya atas penampilan tim yang berhasil lolos ke babak semifinal. "Babak pertama memang tim belum menunjukkan permainan terbaiknya, tetapi di babak kedua mereka mulai menemukan ritme dan akhirnya membuahkan hasil," ujarnya.

Rihla Nuer Aulia, pencetak dua gol dalam laga ini, juga mengungkapkan rasa syukurnya. "Saya bersyukur bisa membantu tim melaju ke semifinal. Ini adalah hasil kerja keras seluruh tim," ucapnya.

Sementara pelatih Sulawesi Selatan, Usman Halik, mengaku kecewa dengan hasil ini, namun tetap optimis untuk mengejar poin di pertandingan selanjutnya. "Meski peluang ke semifinal semakin kecil, kami akan tetap berjuang dan fokus pada pertandingan berikutnya," katanya.

Astriani, salah satu pemain Sulawesi Selatan, mewakili rekan-rekannya menyatakan kekecewaannya atas kekalahan tersebut. "Kami kecewa, tapi ini adalah pelajaran berharga untuk tampil lebih baik lagi di pertandingan berikutnya," ujarnya.

(PB PON XXI SUMUT/David)