PON 2024

NEWS

PON 2024: 22 Pesepeda MTB Nomor DHI Uji Coba Trek Tahura Bukit Barisan

Minggu, 8 September 2024 | 00:18 WIB

Pembalap MTB Putri melintasi jalur downhill yang cukup ekstreem di MTB Arena Tahura Bukit Barisan-Karo dalam sesi latihan resmi menjelang Seeding Run Putra di Individual Downhill (DHI) PON XXI Sumut 2024. Dalam latihan resmi ini 16 pembalap MTB putra dari 13 propinsi dan 6 pembalap MTB putri dari 5 Propinsi dengan jarak tempuh 1600m.(7/9/2024) PB PON XXI SUMUT/A. ENDRO RUSHARYANTO

PON XXI - PON 2024: 22 Pesepeda MTB Nomor DHI Uji Coba Trek Tahura Bukit Barisan

 

KARO - Sebanyak 22 pesepeda putra dan putri cabor Mountain Bike (MTB) Nomor Individual Downhill (DHI) melakukan uji coba trek atau jalur di lokasi PON XXI Aceh - Sumut 2024 di MTB Arena Tahura Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Karo, Sabtu (7/9/2024).

 

Ke-22 peserta ini berasal 12 kontingen provinsi dari berbagai provinsi di Indonesia. 16 orang di antaranya peserta kategori putra dan 6 orang lainnya adalah peserta kategori putri.

 

Uji coba trek dilakukan dalam rangka latihan dan persiapan untuk mengikuti lomba di nomor DHI yang akan digelar pada Senin 9 September 2024 mendatang. Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk pengecekan jalur yang akan digunakan para pesepeda nantinya.

 

Dengan menempuh jarak lintasan sepanjang 1,57 Km, para pesepeda harus mencapai garis finish dengan waktu yang tercepat. Pada sesi latihan kategori putra, terlihat beberapa pesepeda mengalami sejumlah insiden diakibatkan kondisi medan lintasan yang mereka lalui terjal dan ekstrem.

 

Beberapa trek bertikungan tajam, terdapat tanah yang lembek, serta adanya bebatuan, cukup menyulitkan beberapa pesepeda sehingga mengalami kendala yang cukup berarti saat mencoba menjajal trek tersebut.

 

Nikolas Marko Pinem, pesepeda yang mewakili tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) bahkan sempat mengalami insiden kecil saat melakukan uji coba trek. Ia terjatuh di titik poin atau marshal ketiga. Namun, insiden itu tidak membuatnya patah semangat. Ia bahkan lebih memacu semangatnya untuk dapat menyabet juara.

 

Pada kategori putri, upaya untuk menjajal lintasan balap sepeda juga terlihat cukup menarik. Kemampuan pesepeda putri tidak kalah tangguh dari kategori putra. Mereka tampak sangat bersemangat menuntaskan trek dengan kondisi turunan yang cukup tajam dan ekstrem.

 

Untuk diketahui, usai pelaksanaan uji coba trek ini, rencananya akan digelar Seeding Run atau kualifikasi esok hari pada Minggu 8 September 2024. Seeding Run dilaksanakan untuk penentuan nomor urut peserta yang akan mengikuti lomba di nomor DHI.

 

Untuk tuan rumah Sumut sendiri, akan mengirimkan dua orang pesepeda yakni Nikolas Marko Pinem dan Surya Azi Darma. Keduanya akan bersaing dengan pesepeda dari kontingen provinsi lainnya. Kedua pesepeda ini diharapkan mampu keluar sebagai juara dan dapat mempersembahkan medali bagi Sumut di cabor MTB. (PB PON XXI SUMUT/Pardingotan)