PON 2024

NEWS

Taklukkan Babel, Jabar Lolos ke Semifinal Sepak Bola Putri

Minggu, 8 September 2024 | 00:08 WIB

Pesepakbola putri Bangka Belitung Allya Putri (dua kiri) berusaha melewati kawalan pesepakbola putri Jabar Helsya Maeisyaroh (kanan) pada pertandingan penyisihan di grup A, PON XXI Aceh-Sumut 2024, di Stadion Mini Dispora Sumut, Deliserdang, Sabtu (7/9/2024). Tim sepakbola putri Jabar

PON XXI - Taklukkan Babel, Jabar Lolos ke Semifinal Sepak Bola Putri

 

DELI SERDANG -  Tim Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas tim Bangka Belitung (Babel) pada babak penyisihan grup cabang olahraga sepak bola putri di Stadion Mini Disporasu, Deliserdang, Sabtu (7/9/2024). Gol tunggal Jabar dicetak oleh Hanifah.

Atas kemenangan ini, Jabar memastikan melaju ke babak semifinal dengan status juara grup A dengan mengoleksi enam poin.

Pertandingan di babak pertama berlangsung sengit, dengan Jabar lebih mendominasi penguasaan bola. Hanifah berhasil memanfaatkan umpan terukur dari rekan satu timnya dan menuntaskan peluang dengan tendangan keras yang tak mampu dibendung kiper Babel.

Memasuki babak kedua, Jabar tidak mengendurkan serangan. Agnes, pemain bernomor punggung 20, bersama Siti, yang mengenakan nomor 12, menjadi motor serangan tim Jabar. Kolaborasi antara kedua pemain ini menghasilkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Babel yang tampak mulai kewalahan.

Jabar berusaha menggandakan keunggulan namun selalu gagal dan dipatahkan pertahanan Babel. Meski kerjasama apik antara Adinda, pemain bernomor punggung 3, dan Gea yang mengenakan nomor 17. Serangan dari sayap kiri yang dipimpin oleh Tia, nomor punggung 18, juga beberapa kali merepotkan barisan belakang Babel hingga peluit panjang, skor tidak berubah.

Jabar sempat mendapatkan peluang di masa tambahan waktu. Pemain nomor punggung 7, Rosdilah, dari Jabar hampir menambah keunggulan, namun tendangannya hanya melebar tipis di atas gawang Babel. Meski beberapa serangan dilancarkan, pertahanan Babel berhasil bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Usai pertandingan Pelatih tim Jabar, Fauzi Bramanto kepada wartawan mengungkapkan rasa puasnya atas performa anak asuhnya yang berhasil mengeksekusi strategi dengan baik.

 "Saya bangga dengan penampilan mereka. Kami berhasil meraih poin penuh dan punya cukup waktu untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya," ujarnya.

Jabar juga dipastikan lolos ke babak semifinal sebagai wakil dari Grup A. Salah satu pemain kunci Jabar, Tri Darti, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan kedua timnya di turnamen ini. “Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan ini, dan siap untuk pertandingan berikutnya,” kata Tri.

Di sisi lain, pelatih sepak bola putri Babel, Gaguk Setia, mengakui timnya masih belum bisa tampil maksimal. Menurutnya, banyak pemain yang masih gugup dan terpengaruh atmosfer pertandingan besar. "Anak-anak masih demam panggung, sementara secara teknik Jabar memang lebih unggul," ujar Gaguk.

Pemain Babel, Vivi Oktaviani, nomor punggung 17, juga mengakui keunggulan Jabar. "Permainan mereka lebih baik dari kami, dan kami harus berlatih lebih keras lagi untuk pertandingan selanjutnya," kata Vivi.

(PB PON XXI 2024/David)